Ajang Cari Berkah dan Pahala di Bulan Ramadan, ’JABURAN’ Awal Media Nusantara Bagi-bagi Takjil

Tim Jaburan membagikan takjil di masjid terdekat dengan Kantor Awal Media Nusantara.
Tim Jaburan membagikan takjil di masjid terdekat dengan Kantor Awal Media Nusantara.

SEMARANG (Awal.id) – Bulan suci Ramadan merupakan bulan yang penuh dengan limpahan berkah. Tak mengherankan jika seluruh umat muslim di seluruh dunia sangat merindukan dan menanti datangnya bulan suci Ramadan.

Ketika bulan suci Ramadan datang, banyak orang yang berlomba-lomba untuk mendapatkan rahmat dan rindho-Nya dengan cara beramal dan berbagi kebaikan dengan sesama.

Ramadan adalah bulan kesembilan dalam kalender Islam. Ramadan yang di dalamnya berisi perintah Allah untuk menjalankan puasa satu bulan penuh ini, termasuk dalam salah satu rukun Islam.

Selain puasa, tradisi di bulan suci Ramadan tidak lepas dari budaya buka bersama (bukber). Bukber ini bisa dilakukan di mana saja, baik di lingkungan keluarga, bersama sahabat, ataupun rekan kerja.

Banyak cara bagi umat Islam untuk mendulang pahala Ramadan melalui berbagai kegiatan yang bernuasa ibadah, seperti salat tarawih berjamaah, membaca Alquran dan bersedekah. Tradisi bersedekah selama Ramadan biasanya dilakukan masyarakat dengan membagi-bagikan takjil (makanan untuk buka puasa) kepada orang yang membutuhkan.

Melalui sedekah takjil, mereka berharap akan mendapatkan pahala puasa seperti pahala orang berpuasa, tanpa sedikit pun mengurangi pahala puasa orang yang diberi takjil.

Tradisi bagi-bagi takjil biasanya dilakukan di masjid-masjid atau musala-musala. Namun, tradisi bagi-bagi takjil yang mulai keren dilakukan di era sekarang adalah membagikan takjil di jalan-jalan raya. Sasarannya, para pengguna jalan yang melintasi jalan raya, baik kendaraan roda dua, roda empat maupun pejalan kaki yang melintasi jalan tersebut.

Dhyanara Paramita memandu acara JABURAN dengan nara sumber Dr KH Ahmad Izzuddin

Dhyanara Paramita memandu program acara JABURAN dengan nara sumber Dr KH Ahmad Izzuddin

Bagi Takjil

Bagi-bagi takjil di jalan ini juga dilakukan Kantor Awal Media Nusantara, Jalan Kyai Saleh No 62, Semarang. Melalui tim JABURAN (Jelang Berbuka Puasa Ramadan) bersama Awal.id, para karyawan media online tersebut membagi-bagikan takjil di jalan-jalan selama bulan Ramadan.

Koordinator tim JABURAN Awal.id, Udin Saerodji mengatakan acara JABURAN yang dilakukan setiap Senin dan Jumat selama bulan Ramadan ini merupakan program kerja sama dengan Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama (LDNU) Kota Semarang.

“Program acara JABURAN ini disiarkan secara live di chanel youtube Awal Media Nusantara setiap hari Senin dan Jumat, pukul 16.00 WIB. Program JABURAN digelar selama bulan Ramadan dengan kyai-kyai LDNU ternama,” ujar Udin.

Menurut Udin, bagi-bagi takjil di jalan-jalan di Kota Semarang ini merupakan rangkaian program JABURAN Awal Media Nusantara. “Pada Jumat ini (23/4), kami membagi-bagi takjil untuk masyarakat sekitar kantor. Selain bagi takjil untuk masyarakat,, kami juga menggelar buka bersama bagi keluarga besar  Awal Media Nusantara,” paparnya.

Udin mengakui pada Ramadan tahun 2021, Awal Media Nusantara dan Awal.id juga ingin mendapatkan pahala dan berkah dari bulan yang paling dimuliakan oleh Allah SWT.

Pada kesempatan itu, Udin mengucapkan banyak terima kasih atas partisipasi dan dukungan semua pihak, sehingga program JABURAN Awal Media Nusantara ini bisa berjalan sukses.

Udin menilai program JABURAN ini memiliki banyak manfaat, selain bisa untuk meningkat ketaqwaan kepada Allah SWT, ceramah yang disajikan nara sumber juga bisa menjadi inspirasi bagi kaum muslim untuk meningkatkan ilmu pengetahuan seputar Islam.

 

Tim Awal Media Nusantara sedang menyiapkan jaburan untuk berbuka puasa bersama

Tim Awal Media Nusantara sedang menyiapkan jaburan untuk berbuka puasa bersama

Dalam Program JABURAN ini, kata Udin, pihaknya menampilkan beberapa nara sumber yang merupakan kiai dan ustadz LDNU Kota Semarang, antara lain Drs KH Anasom MHum (Ketua PCNU Kota Semarang), Dr KH Izzudin MAg (Katib Suriyah PCNU), Rofiul Khafidz Muthohar SAg MSi (Ketua LDNU Kota Semarang). Program Jaburan ini dipandu dua host cantik, Dhyanara Paramita dan Fernanda Zahra Fatima, yang tampil secara bergiliran.

“Saya berharap program JABURAN bermanfat bagi pemirsa. Alhamdulillah, respon masyarakat terhadap program ini cukup tinggi. Mudah-mudah program JABURAN ini membawa berkah bagi semua umat Islam,” paparnya.

Program JABURAN Awal Media Nusantara juga mendapat respon positif dan sorotan dari pengusaha kuliner di Kota Semarang.

Program yang merangkai kegiatan dakwah, bukber dan bagi-bagi takjil ini menggugah sejumlah pengusaha untuk berpartisipasi dalam penyuksesan program JABURAN tersebut. Para pengusaha itu, antara lain Professor Duck, Medoho Resto Cafe, Oti Fried Chiken, Debox Rice Box, Pengen Cafe Gajah Mada Semarang dan beberapa pelaku usaha kuliner lainnya.

Dukungan program JABURAN juga dilakukan anggota DPRD Kota Semarang dari Partai Nasdem Budiharto SH MM, Whitz Hotel, “NAMAKU WEAR”, dan berbagai kalangan lainnya.

“Semoga program JABURAN bisa menjadi sarana kita untuk mendulang pahala sebanyak-banyaknya selama bulan Ramadan ini,” tandas Udin.  (is)

Sharing:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *