Curug Pletuk : Surga Fotografi di Pelukan Alam Pesangkalan Banjarnegara

BANAJARNEGARA (Awall.id) – Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, kembali menjadi sorotan dengan kehadiran Curug Pletuk, sebuah air terjun yang memikat hati di Desa Pesangkalan, Kecamatan Pagedongan.

Keindahan alam yang mempesona ini semakin memperkaya destinasi pariwisata di wilayah tersebut.

Curug Pletuk dikenal dengan pesona alamnya yang menakjubkan, dengan ketinggian air terjun mencapai lebih dari 150 meter.

Keindahan obyek Wisata Jawa Tengah kali ini, memiliki empat tingkatan yang dikelilingi pepohonan rimbun di tengah hutan.

Suara gemuruh air yang jatuh dari ketinggian tersebut memberikan pengalaman menyegarkan dan menenangkan bagi pengunjung yang datang. Air terjun ini diapit oleh hutan hijau yang rindang, menciptakan nuansa alam yang asri dan sejuk.

Desa Pesangkalan sendiri terletak di kaki Gunung Slamet, memberikan akses mudah untuk mencapai Curug Pletuk. Jalan menuju air terjun ini menghadirkan pemandangan alam yang memukau, memanjakan mata para wisatawan sepanjang perjalanan.

Masyarakat setempat juga turut berperan dalam melestarikan keindahan alam di sekitar Curug Pletuk, menjadikannya sebagai daya tarik utama bagi para pengunjung.

Desa Wisata Pesangkalan

Melalui inisiatif yang sangat positif, Desa Wisata Pesangkalan mengambil alih manajemen Curug Pletuk untuk memaksimalkan potensi wisata alam di wilayah tersebut.

Dengan langkah pengelolaan yang lebih intensif, Desa Wisata Pesangkalan berharap dapat memberikan pengalaman wisata yang lebih baik kepada para pengunjung.

Mereka tidak hanya berfokus pada keaslian alam, tetapi juga menjaga keberlanjutan ekosistem di sekitar Curug Pletuk. Program konservasi dan pelestarian lingkungan aktif diterapkan untuk memastikan bahwa keindahan alam ini dapat dinikmati oleh generasi-generasi mendatang.

Pengelolaan langsung oleh masyarakat setempat membuka peluang kerja bagi warga Desa Pesangkalan.

Dengan membuka loket tiket, penyewaan peralatan, dan layanan pendukung lainnya, masyarakat dapat ikut serta dalam mengembangkan ekonomi lokal sambil menjaga keberlanjutan alam.

” Selain memberikan dampak positif bagi ekonomi desa, kami juga berkomitmen untuk melestarikan keindahan alam yang menjadi aset berharga kami,” ujar Wakil Ketua DPRD Jateng, Ferry Wawan Cahyon, beberapa waktu lalu.

Pemerintah setempat berharap bahwa keberadaan Curug Pletuk dapat memberikan dampak positif bagi perekonomian masyarakat sekitar melalui pariwisata.

Spot Foto

Selain keindahan alamnya, Curug Pletuk juga menjadi lokasi favorit bagi para pecinta fotografi.

Suasana yang tenang, air terjun yang megah, dan hijaunya hutan di sekitarnya menciptakan latar belakang yang sempurna untuk berbagai jenis pemotretan.

Dikelilingi oleh hutan hijau yang rindang, menciptakan latar belakang yang sempurna untuk berbagai jenis pemotretan.

Air terjun yang megah ini memberikan suasana yang begitu unik dan menantang bagi para fotografer untuk menangkap keindahannya.

Jam Operasional

Operasional lokasi wisata curug pletuk ketika hari senin sampai jumat dibuka dari jam 8.00 WIB hingga jam 16.00 WIB. Sedangkan pada akhir pekan atau hari libur nasional, curug pletuk buka mulai jam 8.00 WIB sampai jam 17.00 WIB.

Sharing:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *