Tim PkM USM Lakukan Pemberdayaan UMKM di Kelurahan Pedurungan Kidul

Kegiatan Pelatihan Pemberdayaan UMKM dalam Pembuatan Perencanaan Bisnis, dilakukan oleh Tim Pengabdian kepada Masyarakat dosen Magister Manajemen Pascasarjana Universitas Semarang di Kelurahan Pedurungan Kidul, Semarang, baru-baru ini
Kegiatan Pelatihan Pemberdayaan UMKM dalam Pembuatan Perencanaan Bisnis, dilakukan oleh Tim Pengabdian kepada Masyarakat dosen Magister Manajemen Pascasarjana Universitas Semarang di Kelurahan Pedurungan Kidul, Semarang, baru-baru ini

SEMARANG (Awall.id) – Tim Pengabdian kepada Masyarakat dosen Magister Manajemen Pascasarjana Universitas Semarang memberikan Pelatihan Pemberdayaan UMKM dalam Pembuatan Perencanaan Bisnis di Kelurahan Pedurungan Kidul, Semarang, baru-baru ini.

Tim terdiri atas Ketua Dr Indarto SE MSi, anggota Dr Yuli Budiati SE MSi. dan Dr Rohmini Indah Lestari ST MM.

Menurut Indarto, kegiatan ini diikuti pelaku UMKM di wilayah Pedurungan Kidul. Pengelola UMKM di wilayah Pedurungan Kidul belum bisa pulih dalam mengejar omzet seperti periode sebelum pandemi dan belum optimal pengembangan usaha.

”Banyak UMKM yang tidak bisa bertahan pada pandemi. Kegagalan ini dikaitkan dengan kurangnya sumber daya keuangan, tingginya biaya modal bisnis dan kapasitas teknis yang terbatas. UMKM harus mencari strategi yang tepat agar tetap bertahan melalui perencanaan bisnis (business plan),” ujarnya.

Dia mengatakan, business plan bermanfaat sebagai jembatan antara ide dan kenyataan, menyediakan gambaran yang jelas dari apa yang hendak dilakukan pengelola usaha, menyediakan pernyataan akan sasaran dan strategi yang diartikulasikan secara jelas untuk digunakan di lingkungan internal perusahaan, berfungsi sebagai dokumen penjualan yang akan dibagikan kepada pihak luar, serta sebagai pedoman dalam menjalankan usahanya.

”Kondisi yang ada pada mayoritas pengelola UMKM di Kelurahan Pedurungan Kidul masih banyak belum melakukan perencanaan bisnis secara maksimal sehingga UMKM dapat mengambil peluang pasar yang ada,” jelasnya.

Dia menambahkan, tujuan kegiatan ini untuk memberikan pengetahuan, peningkatan wawasan, dan keterampilan dalam bentuk pelatihan pembuatan perencanaan bisnis pada  pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) Kelurahan Pedurungan Kidul, Kecamatan Pedurungan, Kota Semarang.

Selain itu juga memberikan pendampingan pembuatan perencanaan bisnis pada  pelaku Usaha Kecil dan Menengah.

”Kami berharap, kegiatan ini bisa menambah pengetahuan dan keterampilan dalam penyusunan perencanaan bisnis pada aspek pemasaran, SDM, pengembangan produk dan keuangan. Selain itu, bagi Universitas Semarang sebagai bentuk salah satu kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian pada masyarakat, juga sebagai tambahan informasi bagi dosen berkaitan dengan pendampingan pembuatan perencanaan bisnis pada pengelola UMKM,” ungkapnya.

Selama kegiatan, katanya, peserta diberikan pelatihan pembuatan perencanaan bisnis, pendampingan pembuatan perencanaan bisnis meliputi perencanaan keuangan, pemasaran, sumber daya manusia dan pengembangan produk pada UMKM Kelurahan Pedurungan Kidul Semarang.

”Di akhir kegiatan, kami melakukan evaluasi melalui tanya jawab dan diskusi mengenai pemahaman terhadap pentingnya ketahanan bisnis dan perencanaan bisnis pada Paguyuban Sahabat UMKM Kota Semarang,” tandasnya.

Sharing:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *