Susanto Megaranto Terancam Kandas di Putaran Kedua Piala Catur Dunia, Dinyatakan Positif Covid-19

JAKARTA (Awal.id)  – GM Susanto Megaranto, satu-satu pecatur putra Indonesia tersisa di Piala Dunia Catur 2021, terancam kandas di putaran kedua. Susanto dinyatakan positif Covid-19 saat melakoni pertandingan melawan pecatur Amerika Serikat, GM Fabiano Caruana, di di Sochi, Rusia, Kamis (15/7).

Kasus ini merupakan ulangan yang dialami tim catur Merah Putih di Piala Catur Dunia 2021. Sebelumnya, IM Muhammad Ervan juga dinyatakan positif Corona, sehingga FIDE memberikan kemenangan 0-2 untuk kemenangan pecatur Uzbekistan, GM Nodirbek Abdusattorov.

GM Susanto Megaranto, pecatur peringkat pertama Indonesia, dinyatakan positif Covid-19 saat dia masih menjalani pertandingan putaran kedua melawan pecatur Amerika Serikat, GM Fabiano Caruana.

Sebelum Federasi Catur Internasional (FIDE) menyatakan Susanto positif Covid-19, kedua pecatur sama-sama baru memainkan 15 langkah. Ofisial dari Federasi Catur Internasional (FIDE) langsung menghentikan permainan mereka, karena Susanto dinyatakan sakit.

Susanto Megaranto dan Fabiano Caruana diminta segera meninggalkan arena permainan untuk menuju ke kamar hotel masing-masing.

Berdasar situs resmi FIDE, Fabiano Caruana yang memegang bidak putih sudah dinyatakan menang dan untuk sementara unggul 1-0 atas Susanto Megaranto.

FIDE pada penjelasaannya mengatakan ada salah satu atlet peserta Piala Dunia Catur 2021 positif Covid-19. Namun, FIDE tidak mengungkap identitas atlet catur tersebut.

Sesuai dengan protokol kesehatan dan keselamatan umum turnamen, FIDE meminta para pemain meninggalkan arena dan permainan dinyatakan selesai.

“Pemain yang bersangkutan mengenakan masker wajah selama pertandingan, dan dia telah ditempatkan di karantina. Lawannya, yang juga diminta segera meninggalkan ruang bermain, kini akan menjalani pemeriksaan,” demikian pernyataan resmi dari FIDE.

Menanggapi pernyataan FIDE tersebut, Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi (Kabid Binpres) PB Percasi, Kristianus Liem membenarkan Susanto Megarantp resmi dinyatakan terpapar Covid-19.

“Ya, betul Susanto positif Covid-19. Pertandingan pun disetop panitia,” kara Kristianus Liem.

Usai meninggalkan area pertandingan, Fabiano Caruana yang menjadi lawan Susanto Megaranto di putaran kedua dalam komentarkan lewat Twitternya berharap Susanto dalam kondisi baik-baik saja, meski positif Covid-19.

“Saya berharap Tuan Megaranto baik-baik saja. Dia tampak baik-baik saja selama pertandingan. Jadi cara pertandingan berakhir adalah kejutan yang sangat tidak menyenangkan. Besok saya akan menjalani tes untuk mengetahui apakah saya terkena Covid dan semoga saya bisa melanjutkan pertandingan setelah itu,” tulis Caruana.

Dengan keputusan yang telah ditempuh FIDE ini, Caruana yang menempati peringkat kedua pada Piala Dunia Catur 2021 untuk sementara dinyatakan unggul 1-0 atas Susanto.

Pertandingan pada putaran kedua Susanto versus Caruana dijadwalkan berlangsung hari ini, Jumat (16/7).  Susanto dipastikan akan dinyatakan kalah, lantaran tidak bisa melanjutkan permainan akibat masih terpapar Covid-19. (*)

Sharing:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *