Wali Kota Semarang Ajak Penyintas Covid-19 Donorkan Plasma Konvalesen

SEMARANG (Awal.id) – Usai memperketat aturan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PKM) dengan menutup tempat-tempat hiburan dan tempat wisata, hingga penutupan beberapa ruas jalan, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mengajak masyarakat, khususnya penyintas Covid untuk pro aktif mendonorkan plasma darah konvalesen guna membantu pemulihan pasien Covid-19.

Hendi mengatakan transfusi plasma konvalesen yang merupakan antibodi eks pasien Covid-19 menjadi salah satu metode paling efektif untuk menyembuhkan pasien Covid-19. Untuk itu, penyediaan plasma konvalesen bagi pasien Covid-19 saat ini juga dianggap menjadi salah satu upaya konkrit dalam penanganan kasus Covid-19.

“Saya mengajak warga Kota Semarang khususnya yang telah sembuh dari Covid-19 atau penyintas secara proaktif untuk mendonorkan darah plasma konvalesennya guna membantu saudara-saudara kita yang saat ini sedang dirawat akibat terpapar Covid-19,” papar Hendi, Rabu (23/6).

Hendi juga menyebutkan masih ada sejumlah kendala untuk masyarakat dalam melakukan terapi plasma konvalesen  secara masif.

Tidak semua penyintas Covid-19 bisa mendonorkan plasma darahnya, karena harus disertai syarat tidak memiliki penyakit komorbid. Meskipun memenuhi syarat sebagai pendonor, tidak semua mau melakukannya.

“Tidak akan pernah tau, darah yang anda sumbangkan itu dapat memberi seseorang kesempatan lain dalam hidup,” ujar Hendi.

Hendi juga mengimbau kepada masyarakat untuk lebih tegas lagi dalam melaksanakan protokol kesehatan, yaitu menerapkan 5M. (is)

Sharing:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *