Wakil Jaksa Agung Dorong Reformasi Birokrasi di Kejaksaan Negeri Bangli

JAKARTA (Awall.id) – Wakil Jaksa Agung Dr. Sunarta memberikan pengarahan dalam kunjungan kerjanya ke wilayah hukum Kejaksaan Tinggi Bali, khususnya Kejaksaan Negeri Bangli. Kunjungan ini dilakukan dalam rangka observasi lapangan sebagai bagian dari upaya untuk mencapai Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) di lingkungan Kejaksaan.

Dalam pengarahannya, Wakil Jaksa Agung menyampaikan bahwa saat ini Reformasi Birokrasi dilaksanakan melalui pendekatan tematik yang bertujuan memberikan dampak langsung kepada masyarakat, seperti pengentasan kemiskinan, peningkatan investasi, akselerasi digitalisasi administrasi pemerintahan, dan percepatan program prioritas presiden.

Wakil Jaksa Agung juga menekankan pentingnya tiga aspek dalam pelaksanaan Reformasi Birokrasi, yaitu Integritas, Etos Kerja, dan Semangat Kerja Sama. Dia menyampaikan pesan kepada Kepala Kejaksaan Tinggi Bali dan Kepala Kejaksaan Negeri Bangli agar menjadikan tiga aspek ini sebagai prioritas dalam upaya mewujudkan Reformasi Birokrasi yang sukses.

Dalam pelaksanaan Reformasi Birokrasi, Wakil Jaksa Agung mengidentifikasi beberapa hambatan, terutama terkait inkonsistensi dalam perencanaan, pelaksanaan, penggerakan, dan evaluasi. Untuk mengatasi masalah ini, Jaksa Agung telah mengeluarkan Instruksi Jaksa Agung Nomor 4 Tahun 2023 tentang Kepatuhan Internal di Lingkungan Kejaksaan Republik Indonesia.

Wakil Jaksa Agung menggarisbawahi bahwa kesuksesan Reformasi Birokrasi Tematik memerlukan dukungan dari semua pemangku kepentingan dan implementasi asas-asas umum pemerintahan yang baik. Ini melibatkan perbaikan dan peningkatan indeksasi serta pelaksanaan Rencana Aksi Nasional (RAN) dan perintah direktif.

“Instruksi Jaksa Agung ini memandang pentingnya kepatuhan seluruh unit/satuan kerja dalam melaksanakan operasional organisasi sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan dan kode etik,” ujar Wakil Jaksa Agung.

Kegiatan observasi lapangan satuan kerja menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) di Kejaksaan Negeri Bangli dihadiri oleh Sekretaris Badan Pendidikan dan Pelatihan Kejaksaan RI Dr. Jaya Kesuma, Kepala Kejaksaan Tinggi Bali Dr. R Narendra Jatna, Kepala Kejaksaan Negeri Bangli Yudhi Kurniawan, serta jajaran lainnya. Tujuan utama dari kunjungan ini adalah meningkatkan tata kelola yang lebih baik dan transparan dalam penegakan hukum di wilayah hukum tersebut.

Sharing:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *