Ungkapan Airlangga Benar Demokrat Gabung KIM, PAN Senang dan Bersyukur

Waketum PAN, Viva Yoga Mauladi

JAKARTA (Awall.id) – Pernyataan Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto, yang pernah mengatakan akan ada satu partai politik yang bergabung ke dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM), ternyata terbukti.

Waktu itu Airlangga tidak mengungkap nama parpol tersebut, dan partai itu sudah diduga banyak orang, yaitu Partai Demokrat pimpinan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Viva Yoga Mauladi, juga menyatakan bahwa Partai Demokrat bersedia bergabung ke dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) usai hengkang dari Koalisi Perubahan.

“Partai Amanat Nasional merasa senang, gembira, haru, dan bersyukur kepada Allah Swt, Tuhan Yang Maha Kuasa, karena Partai Demokrat menyatakan siap sedia bekerjasama, bergabung, dan berjuang bersama-sama di Koalisi Indonesia Maju (KIM),” kata Viva kepada wartawan, Minggu (17/9).

“Hal ini adalah kabar gembira buat kami di KIM. PAN, Golkar, Gerindra, PBB, dan Gelora menyambut Partai Demokrat dengan suka cita,” sambungnya.

Viva meyakini, KIM akan menjadi koalisi besar. Karena itu, manfaat elektoral yang diperoleh tentunya akan menambah basis konstituen koalisi. Sebab, setiap anggota partai koalisi memiliki basis konstituen yang akan disinergikan dengan baik dan akan menambah perolehan suara, sehingga peluang untuk menang pilpres akan semakin besar.

Selain itu, kerjasama antara PAN, Partai Demokrat, Gerindra, Golkar, dan lainnya secara empiris pernah terukir pada Pilpres 2019. Sehingga tidak ada hambatan komunikasi dan kepentingan di antara anggota koalisi.

“PAN merasa semakin optimis dengan kehadiran PD akan menambah kekuatan politik dan energi baru yang semakin membuka peluang besar untuk memenangkan Pilpres 2024,” tegas Viva.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto sebelumnya mengatakan bahwa akan ada satu partai politik yang bergabung ke dalam Koalisi Indonesia Maju. Namun, Airlangga tak mengungkap nama parpol tersebut.

“Yang penting kita tunggu ada satu partai lagi dulu,” ucap Airlangga usai melakukan pertemuan dengan Prabowo Subianto dan para ketua umum parpol KIM di kantor DPP Partai Golkar, Jakarta, Kamis (14/9).

Sharing:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *