Wali Kota Terpapar Covid, 50 ASN Salatiga Jalani Swab

SALATIGA (Awal.id) – Usai diketahui menjalin kontak erat dengan Wali Kota Salatiga, Yuliyanto, yang terpapar Covid-19, sebanyak 50 aparatur sipil negara di Kota Salatiga, menjalani pemeriksaan dan tes usap atau swab.

“Hari ini ada sekitar 50 ASN yang kita swab. Mereka kita suruh tes swab karena menjalani kontak erat dengan pak Wali Kota. Semoga hasilnya semuanya negatif,” ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Salatiga, Wuri Pujiastuti, Kamis (17/6).

Wuri juga membantah kabar yang menyebutkan jika ada sejumlah ASN yang melakukan kontak erat dengan wali kota Salatiga menolak swab.

“Semua dengan kesadaran melakukan swab. Tidak ada yang menolak, tapi memang ada yang melakukan (swab) secara mandiri,” ujarnya.

Para ASN Salatiga menjalani pemeriksaaan demi mendapatkan deteksi dini penularaan Covid-19 di Salatiga. Langkah itu diyakini sebagai langkah jitu menjaga kesehatan Salatiga.

Seperti dikwtahui, Wali Kota Salatiga, Yuliyanto, dinyatakan positif Covid-19 setelah menjalani pemeriksaan kesehatan, Sabtu (12/6).Ia diduga tertular Covid-19 dari putranya yang menjalani perawatan kesehatan di rumah sakit. Bukan hanya dirinya seorang, empat anak Yuliyanto lainnya dan istri juga terpapar Covid-19.

Yuliyanto dan keluarga saat ini masih menjalani isolasi secara mandiri di rumah dinas karena berstatus tanpa gejala atau OTG.

Namun Yuliyanto mengaku bahwa kondisinya saat ini sudah mulai membaik. Ia pun sudah bisa menjalani aktivitas seperti biasa meski masih melakukan isolasi di rumah dinas.

“Alhamdulillah, kondisi saya terus membaik. Begitu juga dengan keluarga. Kemajuannya baik,” ujar Yuliyanto.

Yuliyanto pun berharap segera bisa beraktivitas seperti sedia kala. Meski demikian, ia harus menjalani dua kali tes swab dengan metode PCR yang menyatakan sudah negatif atau terbebas dari Covid-19. (is)

Sharing:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *