Wali Kota Semarang Terima Penghargaan Pembina Kerukunan Umat Beragama

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi menunjukkan plakat dan sertifikat apresiasi dari Kementrian Agama
Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi menunjukkan plakat dan sertifikat apresiasi dari Kementrian Agama

SEMARANG (Awal.id) – Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi menerima penghargaan dari Kementrian Agama atas komitmennya dalam menjaga kerukunan umat beragama di Ibu Kota Provinsi Jateng.

Penghargaan itu diwujudkan dengan pemberian plakat dan sertifikat apresiasi dari Kementrian Agama yang pada Rabu (19/5) dibawa oleh Kesbangpol Kota Semarang.

Plakat dan sertifikat tersebut resmi didapatkan setelah Pemerintah Kota Semarang dipilih sebagai salah satu penerima penghargaan dalam ajang Harmony Award pada awal tahun ini.

Tanda penghargaan oleh Kepala Kesbangpol Kota Semarang, Abdul Haris diserahkan langsung kepada Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi untuk kemudian ditempatkan di Balai Kota Semarang.

Hendi mengatakan tanda penghargaan ini menjadi pengingat bersama bagi seluruh pihak di Kota Semarang untuk terus merawat kerukunan umat beragama.

Orang pertama di jajaran Pemkot Semarang ini berharap kerukunan umat beragama yang telah tercipta ini harus terus dirawat, sehingga kondusivitas di wilayah Ibu Kota Jawa Tengah dapat terus terjaga.

“Saya bersyukur, meski masyarakat Kota Semarang ini sangat beragam, ada berbagai macam etnis, agama, juga budaya, namun sampai saat ini kondusivitas wilayah bisa terus dijaga bersama,” tutur Hendi.

Untuk mempertahankan kepercayaan dari Kementrian Agama, Hendi mengaku akan terus menginsiasi berbagai program yang dapat memperkuat suasana kerukunan umbat beragama di Kota Semarang.

“Program tersebut antara lain, seperti adanya Kelurahan Sadar Kerukunan di Kelurahan Sadeng, Kecamatan Gunungpati, sebagai salah satu contoh daerah dalam menjaga toleransi,” paparnya.

Kemudian komunikasi dua arah yang rutin dilakukan secara langsung oleh Hendi juga menjadi upaya yang dinilai berhasil untuk mewujudkan kerukunan antar umat beragama di kota Semarang.

Harmony Award sendiri diselenggarakan oleh Kementerian Agama RI dalam rangka Hari Amal Bhakti (HAB) ke-75.

Dua kategori penghargaan sekaligus diberikan kepada Kota Semarang, yaitu untuk Hendi sebagai pembina Forum Kerukunan Umat Beragama Kota Semarang, serta satu lagi untuk kategori organisasi Forum Kerukunan Umat Beragama.

Sementara Kepala Badan Kesbangpol Kota Semarang, Abdul Haris menyebutkan, predikat Harmony Award merupakan kali pertama yang diterima oleh Kota Semarang. Raihan ini tak terlepas dari komunikasi lintas sektoral yang intens dilakukan Wali Kota Semarang bersama Forkopimda dan ormas agama.

“Kegiatan keagamaan yang ada di Kota Semarang berjalan dengan rukun dan harmonis, juga ditetapkannya Kelurahan Sadeng sebagai kelurahan sadar kerukunan,” tandas Haris. (*)

Sharing:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *