Seleksi Paskibraka Jateng Gandeng BPIP, Ganjar Beberkan Tujuannya

Ganjar Pranowo
Ganjar Pranowo

SEMARANG (Awal.id) – Provinsi Jawa Tengah terpilih menjadi laboratorium dan program percontohan proses seleksi calon anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) 2021. Bahkan merupakan provinsi yang pertama kalinya menghelat kegiatan tersebut, di antara provinsi lainnya di Indonesia.

“Kita kemarin sudah putuskan dengan Dinporapar untuk memulai seleksi Paskibraka. Seleksinya tidak seperti tahun-tahun sebelumnya. Tapi seleksinya ingin lengkap maka kemarin kita kerja sama dengan BPIP agar disamping kesamaptaan ada ideologi,” kata Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Ganjar menjelaskan, kerja sama dengan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) untuk memberikan materi penguatan ideologi Pancasila dalam proses seleksi anggota Paskibraka. Bentuk kerja sama ini sekaligus bisa menjadi percontohan proses seleksi Paskibraka tingkat provinsi di Indonesia.

“Ini yang kita lakukan bersama BPIP. Saya ucapkan terima kasih kepada BPIP, mudah-mudahan model kerja sama yang pertama ini bisa berlanjut,” jelasnya.

Selain menggandeng BPIP, proses seleksi Paskibraka tingkat provinsi tahun ini juga akan melibatkan Dinas Kesehatan dan Satgas Covid-19. Hal itu mengingat saat ini masih dalam masa pandemi. Proses seleksi ini juga sebagai bentuk adaptasi dengan kebiasaan baru pada masa pandemi.

“Untuk teknis, semua kita libatkan karena prokesnya ketat sekali. Jadi seleksi tetap kita laksanakan sambil membiasakan agar selalu ada adaptasi kebiasaan baru di antara kawan-kawan yang mengikuti proses event ini, kan memang juga tidak banyak. Maka kendali kita minta dilakukan oleh panitia seleksi dengan baik,” katanya. (is)

Sharing:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *