Kejati Jakarta Terima Pelimpahan Tersangka & Barang Bukti Perkara Perpajakan Ferry Arfan

JAKARTA (Awall.id) – Kejaksaan Tinggi Jakarta telah menerima Penyerahan Tanggung Jawab Tersangka dan Barang Bukti (Tahap II) bersama tim Jaksa Penuntut Umum dari Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta di Ruang Bidang Tindak Pidana Khusus Kejari Jakarta Timur. Individu yang bersangkutan, Ferry Arfan, tengah dihadapkan pada kasus Tindak Pidana Perpajakan karena disinyalir sengaja menerbitkan dan/atau menggunakan faktur pajak yang tidak mencerminkan transaksi sebenarnya selama periode tahun pajak 2017 Januari hingga 2019 Desember. Hal ini disampaikan oleh Plh. Kepala Seksi Intelijen, Mahfuddin Cakra Saputra, SH, Rabu, (27/12).

“Kejari Jakarta Timur bersama dengan Tim Jaksa Penuntut Umum Kejati DKI Jakarta menerima pelimpahan tersangka dan barang bukti (Tahap II) dari penyidik Kanwil DJP Jakarta Timur terkait dengan penyidikan perkara perpajakan atas nama nama Tersangka Ferry Arfan”  ucap Mahfuddin

Ferry Arfan, yang menjabat sebagai Direktur PT. Eucon Transco Mandiri, diduga terlibat dalam tindak pidana di bidang Perpajakan dengan sengaja menerbitkan dan/atau menggunakan faktur pajak yang tidak sesuai dengan transaksi sebenarnya. Dampaknya diperkirakan dapat menimbulkan kerugian pada pendapatan Negara sejumlah Rp.10.011.387.056,- selama periode tersebut.

Tersangka Ferry Arfan diduga melanggar Pasal 39A huruf a Undang-Undang Nomor 6 Tahun 1983 tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan, yang telah mengalami beberapa kali perubahan seiring dengan Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2009 dan diubah kembali dengan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2021 tentang Harmonisasi Peraturan Perpajakan, bersamaan dengan Pasal 64 Ayat (1) KUHP.

Dalam proses penuntutan, Jaksa Penuntut Umum telah menerbitkan Surat Perintah Penahanan (Tingkat Penuntutan) / T-7 Nomor : Print-25/M.1.13/Ft.2/12/2023 tanggal 27 Desember 2023 atas nama Tersangka Ferry Arfan. Penahanan tersebut berlaku selama 20 hari, dimulai dari tanggal 27 Desember 2023 hingga 15 Januari 2024, dan dilaksanakan di Rutan Kelas I Cipinang, Jakarta Timur.

Sharing:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *