Jalin Keberagamaan, Pj Gubernur Jateng Berangkatkan 250 Personel ke Ajang Pesperani

SEMARANG (Awall.id) – Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah Komjen Pol (P) Nana Sudjana,  melepas kontingen Pesta Paduan Suara Gerejani Katolik Indonesia (Pesperani) Jawa Tengah, untuk ikut ajang perlombaan Pesparani tingkat nasional pada 29 Oktober – 1 November 2023.

Kontingen Pesparani Jateng terdiri dari 250 personel, terdiri atas peserta dan official pendamping. Ratusan personel itu terbagi dalam kategori anak, remaja, dewasa, dan campuran. Mereka akan bertanding dalam 13 kategori yang diperlombakan di ajang tahunan tersebut.

Ajang tersebut diharapkan menjadi momentum untuk menjalin jejaring kebersamaan, sekaligus merekatkan persatuan dan kesatuan.

Dikatakan Nana, perhelatan nasional yang mengambil tema “Kebersamaan dalam Keberagaman” ini dinilai bagus, mengingat Indonesia merupakan negara yang heterogen. Oleh karena itu, ajang ini dapat menjadi ruang untuk bersilaturahmi dan menjalin jejaring. “Paling penting tentunya merawat persatuan dan kesatuan karena umat katolik dari berbagai daerah akan bertemu,” kata dia saat melepas kontingen Pesparani Jateng 2023 di Gradhika Bhakti Praja Semarang, Jumat, 28 Oktober 2023.

Apalagi, Indonesia terdiri  dari beragam suku, agama, ras, dan golongan. Dengan begitu, peserta yang ikut perlombaan tersebut dipastikan bertemu wara dari berbagai daerah.  “Di situlah diharapkan ada rasa kebersamaan dan kesatuan di antara para peserta. Ini ajang silaturahmi dan menyatukan kita semua,” jelasnya.

Sepanjang keikutsertaan di Pesparani, kontingen Jawa Tengah selalu masuk dalam jajaran tiga besar. Tercatat pada keikutsertaan Pesparani pertama pada 2019 di Ambon, kontingen Jateng dapat meraih lima emas dan dua perak dari tujuh kategori yang diikuti.

Pada tahun 2020 Pesparani digelar secara virtual karena pandemi covid-19 dan hasilnya Jateng meraih predikat terbaik nasional. Begitu juga pada penyelenggaraan tahun 2021 yang hanya mengggelar kreasi virtual.

Selanjutnya pada gelaran 2022 lalu di Kupang, beberapa kategori yang diikuti juga berhasil membawa pulang emas, perak, dan perunggu. Gelaran tahun 2023 ini, kontingen Jateng bertekad untuk kembali menjadi juara nasional.

“Target kita dari Jawa Tengah di tahun 2023 kembali juara umum. Tapi jangan dijadikan beban. Persiapkan diri dengan baik karena mental juara kita sudah ada, tinggal berdoa dan berusaha,” kata Nana.

Sharing:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *