Hadapai Era Society 5.0, Capres 2024 Ganjar Berikan Pesan Mahasiswa dalam Menguasai Teknologi

SEMARANG (Awall.id) – Menghadapi Era Society 5.0, Ganjar Pranowo Calon Presiden 2024 memiliki pesan penting khususnya mahasiswa untuk menguasai teknologi. Globalisasi mendorong setiap individu agar bisa menyesuaikan perkembangan teknologi yang ada. Mahasiswa sebagai pemilik generasi masa depan sudah seharusnya mampu mengendalikan berbagai kecanggihan teknologi yang dapat membantu kehidupan sehari-hari.

Ganjar mengingatkan agar mahasiswa tidak gagap teknologi pasca Indonesia menghadapi revolusi industri 4.0 dan sekarang Society 5.0 menuju Indonesia Emas 2045. Dalam konteks era Society 5.0, di mana teknologi semakin meresap ke dalam segala aspek kehidupan, Ganjar menyoroti pentingnya bagi masyarakat, terutama mahasiswa, untuk memiliki pemahaman yang kuat terhadap teknologi. Ia menekankan bahwa kecakapan teknologi yang mantap akan menjadi kunci dalam menghadapi tantangan masa depan dan mengambil peran aktif dalam memajukan masyarakat dan bangsa secara keseluruhan.

Bagi Ganjar Pranowo Calon Presiden 2024, Society 5.0 ada kaitannya dengan transformasi digital. Rencana transformasi digital yang diupayakan oleh Ganjar tidak hanya mencakup sektor-sektor tertentu seperti digitalisasi di pemerintahan, tetapi juga untuk pendidikan maupun kesehatan.

Transformasi digital yang digagas Ganjar Pranowo Calon Presiden 2024 dan konsep Society 5.0 memiliki keterkaitan yang erat, terutama dalam hal potensi dan peran yang dimainkan oleh mahasiswa dalam menghadapi perubahan ini. Dengan berkembangnya transformasi digital, mahasiswa dituntut untuk menguasai keterampilan digital yang relevan, seperti analisis data, kecerdasan buatan, dan pengembangan aplikasi, guna mempersiapkan diri mereka untuk masyarakat yang semakin terhubung dan berorientasi pada teknologi.

Konsep Society 5.0 menyoroti pentingnya integrasi teknologi digital yang inovatif dalam memecahkan masalah sosial yang kompleks. Oleh karena itu, mahasiswa memiliki kesempatan untuk berperan sebagai penggerak utama dalam mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan digital mereka guna menyumbangkan solusi inovatif yang dapat meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat. Melalui keterlibatan aktif dalam transformasi digital dan penerapan konsep Society 5.0, mahasiswa dapat berkontribusi secara signifikan dalam memajukan masyarakat ke arah yang lebih inklusif, berkelanjutan, dan berorientasi pada teknologi.

Society 5.0 & Penguasaan Teknologi oleh Mahasiswa

Society 5.0 merupakan konsep masyarakat masa depan yang diusulkan dalam kegiatan the 5th Science and Technology Basic Plan di Jepang sebagai masyarakat yang menempatkan manusia sebagai pusat, dengan menyeimbangkan kemajuan ekonomi dengan pemecahan masalah sosial melalui integrasi yang tinggi antara dunia maya dan dunia fisik. Konsep ini merupakan evolusi dari masyarakat sebelumnya, dimulai dari masyarakat berburu (Society 1.0), masyarakat pertanian (Society 2.0), masyarakat industri (Society 3.0), hingga masyarakat informasi (Society 4.0).

Society 5.0 menggabungkan secara efektif ruang maya dan ruang fisik, memungkinkan pengumpulan dan analisis data besar melalui kecerdasan buatan (AI) untuk menghasilkan solusi inovatif dalam berbagai bidang, seperti mobilitas, kesehatan, pertanian, dan energi.

Bagi mahasiswa, Society 5.0 menawarkan peluang untuk terlibat secara aktif dalam pemecahan masalah sosial kompleks melalui penerapan teknologi canggih. Dengan memahami dan menguasai konsep ini, mahasiswa dapat mengintegrasikan pengetahuan dan keterampilan mereka untuk menciptakan nilai baru dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat.

Society 5.0 bertujuan untuk mencapai keseimbangan antara pengembangan ekonomi dan pemecahan masalah sosial yang kompleks dengan memanfaatkan kemajuan teknologi seperti IoT, robotika, AI, dan analisis data besar. Bagi mahasiswa, kesempatan ini membuka pintu untuk terlibat dalam proses inovasi yang akan membentuk masyarakat masa depan yang berpusat pada manusia seperti pesan Ganjar Pranowo Calon Presiden 2024.

Dengan meningkatkan pemahaman mereka tentang potensi teknologi, mahasiswa dapat menjadi agen perubahan yang mendorong transformasi sosial yang inklusif dan berkelanjutan, menghadapi tantangan global dengan solusi yang inovatif dan berkelanjutan. Seperti yang dilontarkan oleh Ganjar Pranowo Calon Presiden 2024 bahwa transformasi digital melalui Society 5.0 dapat mewujudukan Indonesia Emas 2045.

Sharing:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *