Kota Semarang Dinilai Miliki Peluang untuk Pengembangan Industri Otomotif

SEMARANG (Awall.id) – Pameran otomotif GIIAS The Series 2023 digelar kembali di Marina Convention Center Kota Semarang, Rabu (18/10/2023). Pameran industri otomotif terbesar ini akan berlangsung sampai Minggu (22/10/2023).

Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Yohannes Nangoi mengatakan, Kota Semarang mempunyai peluang menjadi tempat berkembangnya industri otomotif.

“Saya lihat Kota Semarang potensinya besar dan tujuan kami mengejar investor datang ke sini,” kata Yohannes ditemui di sela acara, merespon kebijakan Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu yang memberikan kemudahan perizinan investasi.

Yohannes menyebut, potensi Ibu Kota Jawa Tengah menjadi pusat investasi terlihat ketika perhelatan GIIAS Semarang tahun lalu yang berlangsung sukses. Dibuktikan pada tahun ini, peserta pameran juga makin bertambah.

“Semarang adalah Ibu Kota Jawa Tengah dan industri otomotifnya sangat tumbuh di sini, jadi kami sangat terkesan,” katanya.

Meski begitu, dia mengakui, ihwal keinginan investor mendirikan pabrik di Kota Semarang masih rendah. Namun, Yohannes menyebut, ada alternatif lain yaitu, Kawasan Industri Batang yang kini sedang didorong menjadi magnet investasi.

Pihaknya selalu berkomunikasi dengan Pemkot Semarang dan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah perihal kran investasi. Menurutnya, Kota Semarang dan Jawa Tengah pada umumnya siap menyambut dan memfasilitasi kedatangan para investor.

“Investasi untuk pabrik di Kota Semarang belum terlalu besar, tetapi ini (GIIAS 2023-red) adalah salah satu yang kami tuju agar (investor-red) lebih percaya, agar mereka melihat Jawa Tengah adalah tempat yang bagus untuk melakukan investasi,” ujarnya.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu memastikan kemudahan perizinan bagi para investor yang akan menanamkan investasinya di Kota Semarang untuk mendorong pertumbuhan ekonomi daerah.

Mbak Ita, sapaan akrabnya menyebut, potensi dan investasi di Kota Semarang terus ditingkatkan. Beberapa di antaranya yaitu, memudahkan akses, fasilitas, hingga kemudahan perizinan bagi investor.

Dalam perkembangan, banyaknya investor yang terus melirik Kota Semarang untuk berinvestasi karena kemudahan perizinan dan beragam fasilitas yang diberikan Pemkot Semarang.

“Dukungan dari Pemkot Semarang, pasti yang pertama kemudahan perizinan. Selama itu sudah mengikuti aturan, kenapa harus lama prosesnya? Pasti kita akan percepat perizinan,” ujarnya.

Sharing:

You may also like...

1 Response

  1. 19 October 2023

    […] Juga: Kota Semarang Dinilai Miliki Peluang untuk Pengembangan Industri Otomotif – Awall.id ”Kami menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada pihak penyelenggara dan seluruh pimpinan […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *