Revolutionary Eco-Warriors Pasangan Ganjar-Mahfud, Komitmen Jaga Lingkungan

SEMARANG (Awall.id) – Pasangan calon Ganjar-Mahfud ingin terapkan komitmennya dalam pemeliharaan lingkungan hidup sesuai dengan misinya pada poin keenam yaitu mempercepat perwujudan lingkungan hidup yang berkelanjutan melalui ekonomi hijau dan biru.

Perlindungan lingkungan yang berkelanjutan merupakan sebuah prinsip dan praktik yang mengejar keseimbangan antara pemenuhan kebutuhan manusia dan pemeliharaan alam.

Ini adalah hal penting yang telah menjadi pusat perhatian global karena meningkatnya masalah lingkungan seperti perubahan iklim, kehilangan keanekaragaman hayati, pencemaran, dan kerusakan ekosistem. Dalam esai ini, akan dibahas beberapa manfaat penting dari perlindungan lingkungan yang berkelanjutan.

perlindungan lingkungan yang berkelanjutan memiliki manfaat yang sangat penting, termasuk pelestarian alam, pengurangan perubahan iklim, kesejahteraan manusia, ketersediaan sumber daya alam yang berkelanjutan, peluang ekonomi, dan kerja sama global.

Menurut pasangan calon Ganjar-Mahfud dua pendekatan yang semakin mendapatkan perhatian dan paling tepat adalah dengan menggunakan pendekatan Green Economy dan Blue Economy.

Ganjar-Mahfud berpendapat bahwa Keduanya adalah strategi ekonomi yang berfokus pada pelestarian alam dan sumber daya alam, dan keduanya dapat memainkan peran penting dalam menjaga keseimbangan ekosistem dan mengurangi dampak negatif perubahan iklim.

Pasangan calon Ganjar Pranowo-Mahfud MD bertekad mempercepat pencapaian lingkungan yang berkelanjutan melalui program ekonomi berwawasan hijau. Salah satu aspek utama dari program ini adalah mengurangi emisi gas rumah kaca.

Mereka memiliki enam misi untuk mencapai lingkungan yang berkelanjutan melalui pendekatan ekonomi berwawasan hijau dan biru, yang mencakup:

1. Pengurangan Emisi Gas Rumah Kaca
Mencakup upaya pemeliharaan hutan, pengurangan polusi udara yang berasal dari kendaraan dan industri, pengurangan penggunaan plastik, serta peralihan menuju energi bersih dengan tujuan mencapai emisi nol.

2. Mewujudkan Harmoni Hutan untuk Menjaga Keseimbangan Lingkungan Termasuk tindakan moratorium deforestasi dan percepatan reforestasi, reboisasi, restorasi, dan rehabilitasi hutan. Ini bertujuan untuk meningkatkan konservasi hutan sebagai sumber makanan lokal, tanaman obat herbal, air, oksigen, fungsi klimatologis, dan manfaat alam bagi masyarakat yang tinggal di sekitar hutan.

3. Pengelolaan Lingkungan yang Berkelanjutan
Melibatkan revitalisasi Daerah Aliran Sungai (DAS), pengembangan kota berwawasan hijau, promosi industri berkelanjutan, gerakan kesadaran gaya hidup bebas sampah, dan penerapan aturan ketat untuk melindungi lingkungan.

4. Adaptasi dan Mitigasi Terhadap Krisis Iklim
Mencakup inisiatif penghijauan wilayah pesisir, peningkatan ruang terbuka hijau yang memadai, langkah-langkah mitigasi bencana, serta penyediaan transportasi umum yang ramah lingkungan. Selain itu, teknologi digital akan diterapkan untuk mendukung petani dan nelayan.

5. Penerapan ESG (Environmental, Social, Governance)
Merupakan upaya untuk mengintegrasikan penilaian risiko lingkungan, sosial, dan tatakelola sebagai bagian integral dari sistem ekonomi dan keuangan.

6. KadarKlim – Kampung Sadar Iklim
Sebuah program promotif di tingkat kampung yang bertujuan untuk mengurangi dampak perubahan iklim. Program ini melibatkan pembangunan fasilitas sanitasi dan drainase yang efisien, pengembangan ruang terbuka hijau, pengembangan kawasan pejalan kaki, peningkatan fasilitas publik, serta pengelolaan sampah yang terintegrasi.

Melalui serangkaian misi ini, pasangan calon Ganjar-Mahfud ini berkomitmen untuk mempromosikan lingkungan yang berkelanjutan, meminimalkan dampak perubahan iklim, dan mendorong kesadaran akan pentingnya pelestarian sumber daya alam. Semua langkah ini bertujuan untuk menciptakan ekonomi yang berkelanjutan dan sekaligus menjaga alam.

Sharing:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *