Wapres Ma’ruf Amin: Tahun Politik, Media Harus Bisa Jaga Iklim Kondusif

Wapres Ma'ruf
Wapres Ma'ruf

JAKARTA (Awall.id) – Wakil Presiden Ma’ruf Amin meminta media menjaga netralitas menjelang tahun politik Pemilu 2024. Ma’ruf memaparkan pernyataannya bahwa media seharusnya tidak memihak salah satu pasangan calon maupun partai tertentu.

“Sebagai media yang memanfaatkan frekuensi publik, saya juga menekankan agar penyelenggara penyiaran nasional menjaga netralitas, tidak mendukung salah satu partai atau paslon,” ucapnya di The Sultan Hotel, Jakarta Pusat, kemarin.

Wapres menandaskan, media penyiaran seharusnya tidak mau dimanfaatkan untuk mendukung parpol atau pasangan calon presiden-wakil presiden tertentu di Pilpres 2024.

“Media agar berlaku secara seimbang. Liput kedua sisi, dan sesuai dengan peraturan Komisi Penyiaran Indonesia (KPI), Bawaslu, dan perundangan lainnya,” sambungnya.

Ma’ruf berpesan agar media penyiaran nasional dijadikan sebagai corong informasi yang sehat untuk mendukung kemajuan bangsa dan negara. Serta kesejahteraan masyarakat dalam kerangka demokrasi.

“Tebarkan gagasan dan informasi yang benar dan akurat. Lawan hoaks dengan tetap menjaga keterbukaan dan objektivitas sebagai perwujudan fungsi pers yang sehat,” katanya.

Wapres Ma’ruf menegaskan bahwa pers memiliki batas selama pemilu yang didasari sejumlah peraturan.

Tak hanya itu, Ma’ruf menjelaskan bahwa prinsip televisi memiliki peran signifikan untuk menyiarkan berbagai informasi sekaligus mengajak masyarakat berpartisipasi menyukseskan Pemilu.

Kemudian, ia mengatakan media penyiaran harus mampu menjaga iklim yang kondusif, menghormati perbedaan pilihan dan pandangan politik.

Sharing:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *