Hari Ini DKPP Kembali Periksa Ketua dan Anggota KPU

Gedung KPU RI
Gedung KPU RI

JAKARTA (Awall.id) – Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), Rabu (13/9/2023) siang hari ini, merencanakan kembali menggelar sidang pemeriksaan dugaan pelanggaran Kode Etik Penyelenggara Pemilu (KEPP) terhadap Ketua dan Anggota KPU RI.

Sidang pemeriksaan terkait perkara Nomor 106-PKE-DKPP/VIII/2023 ini diadukan oleh Rahmat Bagja, Totok Hariyono, J.M. Malonda, Puadi, dan Lolly Suhenty (masing-masing sebagai Ketua dan Anggota Bawaslu RI) sebagai Pengadu I sampai V.

Para Pengadu mengadukan Hasyim Asy’ari, Mochammad Afifuddin, Betty Epsilon Idroos, Parsadaan Harahap, Yulianto Sudrajat, Idham Holik, dan August Mellaz (Ketua dan Anggota KPU RI) sebagai Teradu I sampai VII.

Sebelumnya Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), pernah melakukan sidang pemeriksaan pertama perkara ini pada Senin 4 September 2023.

Ketua dan Anggota KPU RI diadukan oleh Bawaslu RI sebagai pihak pengadu atas dugaan membatasi tugas pengawasan berkaitan dengan pembatasan akses data dan dokumen pada Sistem Informasi Pencalonan (Silon), serta pembatasan pengawasan melekat pada Bawaslu berkaitan dengan jumlah personel dan durasi pengawasan.

Ketua dan Anggota KPU RI juga didalilkan telah melaksanakan tahapan di luar program dan jadwal tahapan Pemilu yang diatur dalam Undang-Undang Pemilu, PKPU Nomor 3 Tahun 2022 tentang Tahapan dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilu, serta PKPU Nomor 10 Tahun 2022 tentang Pencalonan Anggota DPR, DPR Provinsi, dan DPR Kabupaten/Kota.

Sharing:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *