Rapat Koordinasi di Istana Kepresidenan, Kejaksaan Negeri Medan Bahas Masalah Pengelolaan Tanah Kota Medan

Suasana Rapat Koordinasi di Istana Kepresidenan
Suasana Rapat Koordinasi di Istana Kepresidenan

JAKARTA (Awall.id) – Jaksa Pengacara Negara dari Kejaksaan Negeri Medan menghadiri Rapat Koordinasi yang diadakan di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, pada pukul 09.00 WIB, terkait pemberian bantuan hukum kepada Pemerintah Kota Medan dalam menghadapi masalah pengelolaan tanah di Kelurahan Petisah Tengah, Kecamatan Medan Petisah, Kota Medan, hal ini disampaikan dalam rilis tertulis oleh Kepala Pusat Penerangan Hukum Ketut Sumedana, Kamis (21/9)

“Dalam rapat tersebut, Kejaksaan Negeri Medan diberikan tugas untuk memberikan perlindungan hukum kepada Pemerintah Kota Medan dalam menagih tunggakan sewa tanah senilai Rp2.987.577.235. Tunggakan ini berkaitan dengan penggunaan tanah dan bangunan di atasnya oleh sekitar 2.000 masyarakat, yang semuanya terletak di bawah Hak Pengelolaan Nomor 1/Petisah Tengah yang dimiliki oleh Pemerintah Kota Medan” ujar Ketut.

Masyarakat yang menggunakan tanah dan bangunan tersebut mengajukan permintaan perpanjangan Hak Guna Bangunan. Namun, permintaan ini tidak sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 19 Tahun 2016 yang mengatur tentang penagihan sewa bagi individu yang memanfaatkan tanah dan bangunan di atasnya.

Jaksa Pengacara Negara, yang memiliki kuasa khusus dalam perkara Perdata dan Tata Usaha Negara, bertanggung jawab atas pendampingan hukum untuk melindungi dan memulihkan kekayaan aset Pemerintah Kota Medan, sesuai dengan Pasal 24 Ayat (2) Peraturan Presiden Nomor 38 Tahun 2010.

Rapat Koordinasi ini dihadiri oleh sejumlah pejabat, termasuk Deputi II Kepala Staf Kepresidenan Abetnego Panca Putra Tarigan, Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara Drs. Joko Purwanto, serta sejumlah perwakilan dari Pemerintah Kota Medan dan Kejaksaan Negeri Medan.

Sharing:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *