PLN Lakukan Penguatan Sistem Kelistrikan Jawa Tengah Lewat SUTT 150 kV Kesugihan – Gombong

JAKARTA (Awall.id) – PT PLN (Persero) terus melakukan penguatan sistem kelistrikan termasuk kepada sistem yang sudah beroperasi. Terbaru, PLN Unit Induk Pembangunan Jawa Tengah (PLN UIP JBT) berhasil menyelesaikan pekerjaan rekonduktoring atau penggantian kabel Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kilo Volt (kV) Kesugihan – Gombong.

General Manager PLN UIP JBT, Djarot Hutabri EBS menjelaskan penggantian kabel ini akan berdampak pada kenaikan kapasitas arus yang semula 600 Ampere dan mampu membawa daya sebesar 124 Mega Watt (MW) menjadi 1200 Ampere sehingga mampu membawa daya hingga 249 MW. Menurutnya, dampak dari peningkatan kapasitas tersebut akan semakin memperkuat sistem kelistrikan daerah yang disuplai.

“Melalui penggantian kabel ini akan memberikan peningkatan keandalan sistem kelistrikan, khususnya di Jawa Tengah ini. Rekonduktoring ini pun menjadi langkah kami dalam mempersiapkan diri saat nanti terjadi pertumbuhan beban kelistrikan,” jelas Djarot.

Proses energize ini dilaksanakan setelah seluruh rangkaian tahapan test and commisioning berhasil dilalui dan ditandai dengan terbitnya Rekomendasi Laik Bertegangan (RLB) dari PLN Pusat Sertifikasi (Pusertif).

PLN menganggarkan Rp 121 Milyar untuk melaksanakan pekerjaan rekonduktoring SUTT 150 kV Kesugihan – Gombong. Jalur transmisi kelistrikan ini terdiri dari 101 Tower yang membentang sepanjang 89,24 kilometer sirkit (kms) mulai dari Kecamatan Gombong, Kabupaten Kebumen hingga Kecamatan Kesugihan, Kabupaten Cilacap. Proyek ini juga mampu menyerap 157 tenaga lokal dengan tingkat TKDN mencapai 87,69%.

“Jalur transmisi ini juga akan meningkatkan keandalan sistem kelistrikan hingga Kabupaten Wates, Yogyakarta dimana terdapat Bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA). Untuk saat ini, 1 line sudah berhasil diselesaikan, line ke 2 berikutnya kami targetkan dapat selesai di bulan November depan,“ ungkap Djarot.

Jalur transmisi SUTT 150 kV Kesugihan – Gombong memasok daya di kawasan Rawalo, Purbalingga, Mrica, Wonosobo, Wadaslintang, Purworejo, Kebumen, Gombong dan Kesugihan. Penguatan sistem kelistrikan ini menjadi wujud dari komitmen PLN untuk mengutamakan kebutuhan serta kepuasan pelanggan.

Sharing:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *