Gantikan Giring, Kaesang Jadi Ketum PSI

Kaesang Pangarep, Ketum PSI
Kaesang Pangarep, Ketum PSI

JAKARTA (Awall.id) – Kaesang Pangarep resmi menjadi Ketua Umum (Ketum) DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Kaesang menggantikan Giring Ganesha Djumaryo setelah terpilih di Kopi Darat Nasional (Kopdarnas), Jakarta, Senin (25/9/2023) malam. Kaesang merupakan Ketum PSI ketiga setelah Giring dan Grace Natalie.

Cheryl Tanzyl dan Faldo Maldini selaku pembawa acara Kopdarnas PSI, mempersilakan Kaesang masuk ke ruangan di Djakarta Theater, Jakarta.

“Ketua baru kita, Bro Kaesang Pangarep. Kita sambut dengan tepuk tangan dong,” teriak Cheryl.

Sebelumnya, Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Solidaritas Indonesia Grace Natalie, dalam Kopdarnas PSI tersebut menanyakan soal siapa pengganti Giring Ganesha ke para kader yang hadir.

“Siapakah yang akan menjadi ketua umum selanjutnya?”

“Kaesaang,” jawab para kader.

“Siapa bro dan sis?” tanya Grace lagi. “Teriakkan namanya.”

“Kaesaaang,” teriak para kader.

Pada saat pengumuman ini, seluruh anggota DPW PSI berdiri di atas panggung.

Kemudian sebuah video diputar. Video itu menampilkan lukisan bunga mawar yang kemudian terangkai puzzle foto Kaesang dengan tulisan Kaesang Pangarep Ketua Umum PSI.

“Memutuskan, menetapkan, satu pengangkatan saudara Kaesang Pangarep sebagai Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Partai Solidaritas Indonesia,” kata Grace.

Sebagai Ketum sebelumnya, Giring Ganesha menyatakan telah merekomendasikan nama Kaesang Pangarep sebagai Ketua Umum PSI menggantikannya.

“Mungkin bagi banyak elite politik, aneh jika seorang Ketua Umum malah merekomendasikan nama penggantinya. Di PSI kami diajarkan soal kolektivitas kerja, jabatan itu soal manajerial, namun beban kerja selalu dibagi bersama,” kata Giring.

Giring menyebut keinginan Kaesang menjadi Ketum PSI juga atas dorongan dari semua kader PSI.

“Karenanya sejak tiga bulan terakhir saya komunikasi intens dengan Mas Kaesang dan teman-teman di daerah. Semangatnya PSI harus lolos ke Senayan pada Pemilu 2024 yang akan datang. Itu aspirasi semua kader di PSI,” kata dia.

Meski tak lazim kursi Ketum berganti, namun menurut Giring pemilihan Kaesang adalah bagian strategi PSI.

Sharing:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *