Inggris Dampingi Kroasia dan Ceko Lolos 16 Besar

JAKARTA (Awal.id) – Inggris memastikan lolos ke 16 besar Piala Euro 2020 sebagai juara Grup D, setelah pada laga lanjutan di Stadion Wembley, London, Rabu (23/6) dini hari, mengalahkan Ceko dengan skor 1-0.

Kendati kalah dari Inggris, namun Ceko juga lolos ke putaran 16 besar Piala Eropa 2020. Ceko yang menempati peringkat tiga dalam klasemen Grup di bawah runner up Kroasia,  menjadi salah satu tim peringkat ketiga terbaik.

Satu-satu gol kemenangan Inggris atas Ceko dicetak oleh winger Manchester City, Raheem Sterling pada menit ke-12. Kemenangan tipis 1-0 sudah cukup membuat Inggris finis di peringkat pertama klasemen Grup D dan mengoleksi tujuh poin dari hasil dua kemenangan dan satu kali imbang.

Inggris unggul tiga angka atas Kroasia dan Ceko yang juga sudah memastikan langkah ke 16 besar Piala Euro 2020.

Pada persaingan di Drup D, Kroasia yang sempat terseok-seok di awal turnamen perlahan bangkit dan meraih kemenangan pada laga terakhir fase grup atas Skotlandia.

Kroasia kalahkan Skotlandia dengan skor 3-1 di Stadion Hampden Park, Glasgow, pada Rabu (23/6) dini hari. Atas kemenangan 3-1 dengan Skotlandia itulah yang kemudian membawa Kroasia finis di peringkat kedua klasemen Grup D.

Kroasia di peringkat kedua dengan koleksi empat poin dari tiga laga, setara dengan Ceko yang menempati posisi ketiga. Kendati sama-sama mengoleksi empat poin, posisi Kroasia di atas Ceko karena unggul produktivitas gol.

Tercatat dari tiga pertandingan fase grup, Kroasia membukukan empat gol, sedangkan Ceko mencetak tiga gol. Atas produktivitas gol yang menentukan posisi Kroasia dan Ceko diterapkan setelah kedua tim memiliki poin dan selisih gol setara.

Sedangkan Ceko lolos ke 16 besar lewat jalur peringkat ketiga terbaik. Mereka menyusul Swiss yang juga lolos lewat jalur peringkat ketiga terbaik seusai menang 3-1 atas Turki pada laga pamungkas Grup A, Minggu (20/6).

Skotlandia harus mengakhiri perjuangan di Euro 2020 sebagai juru kunci Grup D. Mereka hanya meraih satu poin berkat hasil imbang 0-0 saat melawan Inggris.

Berikut hasil dan klasemen akhir Grup D Euro 2020:

Matchday 1

Inggris 1-0 Kroasia

Skotlandia 0-2 Ceko

Matchday 2

Kroasia 1-1 Ceko

Inggris 0-0 Skotlandia

Matchday 3

Ceko 0-1 Inggris

Kroasia 3-1 Skotlandia (is)

Sharing:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *