Kejari Kota Semarang Sediakan Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat

Kajari Kota Semarang, Transiswara Adhi
Kajari Kota Semarang, Transiswara Adhi

SEMARANG (Awal.id) – Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Semarang sediakan Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (Lapor) dengan nama “Curhat Mas Adhi”. Tujuanya untuk memudahkan akses pelayanan publik bagi warga Semarang secara luas.

“Inovasi ini digagas, mengingat kebutuhan masyarakat terkait pengaduan permasalahan hukum cukup tinggi, sehingga dapat terlayani dengan baik,” kata Kepala Kejari (Kajari) Kota Semarang, Transiswara Adhi, Rabu (5/5).

Menurut  Adhi, dengan belum  berakhirnya pandemi Covid-19, layanan apirasi dan Lapor ini tentu membantu masyarakat. Masyarakat tidak perlu repot-repot datang ke kantor Kejari Kota Semarang untuk mendapatkan pelayanan hukum secara gratis, cepat dan tepat.

“Pelayanan berbasis teknologi informasi tersebut diharapkan mampu meningkatkan daya respon Kejari Kota Semarang menjawab pertanyaan dan keluhan masyarakat,” ujarnya.

Layanan dan pengaduan masyarakat secara online Kejari Kota Semarang yang diluncurkan pada 13 April 2021, kata Adhi, hingga kini telah mencatat 341 curhatan dari masyarakat.

“Curhatan dari masyarakat juga beragam, ada yang curhat pelayanan titip pakai dan pengembalian barang bukti, pelayanan infromasi tilang, penyuluhan dan penerangan hukum, pelayanan hukum datun, pelayanan pengaduan masyarakat, pelayanan kemahasiswaan seperti KKN/KKP/Magang, masalah kemacetan jalan dan menciptakan layanan prima diintansi hukum,” papar Transiswara Adhi.

Dia mengakui ada pula masyarakat yang menanyakan soal penanganan proses perkara yang dilakukan oleh kejaksaan. Namun, lanjut Adhi, untuk penanganan perkara pihaknya membatasi untuk memberikan informasi, mengingat hal itu sudah menyangkut ranah hukum yang tidak bisa disebarluaskan kepada publik.

Soal pemilihan nama kanal “Curhat Mas Adhi” itu, kata dia, dengan pertimbangan agar lebih humanis, akrab, dan familiar di masyarakat. “Nantinya program ini akan diintegrasikan dengan Lapor Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) melalui www.lapor.go.id,” ujarnya.

Kasi Intelijen Kejari Kota Semarang, Subagio Gigih Wijaya, menambahkan informasi itu akan disediakan secara berkala dan diumumkan secara berkala. Karena setiap informasi wajib diumumkan secara serta merta, khususnya informasi yang wajib tersedia setiap saat, dan informasi yang dikecualikan.

Subagio mengatakan era tehnologi 4.0 yang semakin modern mengakibatkan semakin kompleksnya kebutuhan masyarakat. Untuk itu Kejari Kota Semarang sebagai penyedia pelayanan publik juga dituntut untuk dapat memenuhi segala keinginan, kebutuhan dan tuntutan masyarakat melalui penyelenggaraan pelayanan publik.

“Kanal pelayanan publik dan pengaduan masyarakat Curhat Mas Adhi ini terdiri dari hotline WhatsApp di nomor 08883991122, website, instagram, twitter, facebook dan youtube dengan nama Kejari Kota Semarang. Paling banyak di WhatsApp karena bisa 24 jam, kami layani secara cepat, jadi fast respon,” tandasnya. (is)

Sharing:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *