Tingkatkan Kesadaran Kesehatan Gigi, KKN Upgris Gelar Sosialisasi Gosok Gigi Interaktif dan Edukatif

DEMAK (Awall.id) – Sebuah inisiatif positif digelar oleh Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas PGRI Semarang (UPGRIS) di Desa Tlogorejo, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Demak.

Dalam upaya meningkatkan kesadaran kesehatan gigi pada anak-anak, mahasiswa KKN, menyelenggarakan sosialisasi gosok gigi yang interaktif dan edukatif.

Bayu dan Rosa selaku bidang kesehatan,menyoroti pentingnya kebersihan gigi dan mulut serta dampak positifnya terhadap kesehatan secara keseluruhan.

Mereka memberikan pemahaman mendalam tentang teknik gosok gigi yang benar, memperkenalkan alat-alat mandi mulut yang efektif, serta menjelaskan mengapa menjaga kebersihan gigi penting bagi kesehatan gigi dan tubuh secara keseluruhan.

Data yang dikumpulkan oleh tim KKN UPGRIS Semarang menunjukkan bahwa kesadaran akan pentingnya kesehatan gigi di kalangan anak-anak Desa Tlogorejo masih rendah. Dari survei yang dilakukan sebelum acara sosialisasi, hanya 30% dari total responden yang rutin menyikat gigi setiap hari. Selain itu, mayoritas anak-anak juga tidak mengetahui teknik yang benar dalam menyikat gigi.

Namun, melalui kegiatan sosialisasi ini, terlihat peningkatan yang signifikan dalam kesadaran anak-anak terhadap pentingnya menjaga kebersihan gigi. Setelah sesi sosialisasi, 90% dari peserta mengaku telah memahami teknik menyikat gigi yang benar, dan 80% di antaranya berjanji akan menyikat gigi setiap hari.

Bayu menyatakan, “Kami berharap melalui kegiatan sosialisasi ini, anak-anak Desa Tlogorejo dapat memahami betapa pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut. Kami juga berterima kasih atas antusiasme dan partisipasi aktif dari masyarakat setempat,” ujarnya.

Rosa menambahkan, “Kami berencana untuk terus mendukung anak-anak dan masyarakat Desa Tlogorejo dalam menjaga kesehatan gigi mereka. Semoga kegiatan ini dapat memberikan dampak positif jangka panjang bagi kesehatan masyarakat di wilayah ini,” tambahnya.

Diharapkan, melalui upaya bersama seperti ini, kesadaran akan pentingnya kesehatan gigi dan mulut dapat terus ditingkatkan di kalangan anak-anak dan masyarakat Desa Tlogorejo serta wilayah sekitarnya.

Sharing:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *