Kejaksaan Agung dan Hukum Online Menyediakan Akses Layanan dan Peningkatan Literasi Hukum

JAKARTA (Awall.id) – Kejaksaan Agung turut dalam acara “Sosialisasi Penggunaan Akses Layanan Hukum Online Pro untuk Mendukung Penanganan Perkara Berkualitas.” Acara tersebut dipimpin oleh Kepala Biro Perencanaan Jaksa Agung Muda Bidang Pembinaan, Tyas Widiarto, S.H., M.H.

Kepala Biro Perencanaan menjelaskan bahwa pelayanan tersebut diberikan kepada para jaksa dan pegawai kejaksaan sebagai komitmen kuat dari Bidang Pembinaan, terutama Biro Perencanaan, untuk meningkatkan penanganan perkara yang berkualitas serta menghasilkan jaksa dan pegawai kejaksaan yang unggul, cerdas, dan berintegritas.

Untuk mencapai hal tersebut, Biro Perencanaan pada Jaksa Agung Muda Bidang Pembinaan menjalin kerjasama dengan Hukum Online untuk menyediakan akses data layanan Hukum Online Pro. Hal ini bertujuan mempermudah jaksa dan pegawai kejaksaan dalam mencari koleksi peraturan perundang-undangan, putusan pengadilan, yurisprudensi, jurnal, dan artikel hukum lainnya secara daring melalui laman website: www.hukumonline.com.

“Kerja sama ini diharapkan akan memberikan kontribusi signifikan dalam meningkatkan kemampuan dan efisiensi para Jaksa serta Pegawai Kejaksaan dalam menjalankan tugas-tugasnya. Selain itu juga memberikan akses yang lebih luas terhadap sumber daya hukum yang relevan dan berkualitas,” ujar Kepala Biro Perencanaan.

Hukum Online adalah platform regulasi terbesar di Indonesia yang berbasis teknologi, menyediakan koleksi regulasi dan putusan pengadilan yang telah diklasifikasikan, analisis dan laporan hukum yang komprehensif, serta artikel-artikel terkait masalah hukum yang mudah dipahami.

“Akses layanan Hukum Online Pro ini dapat dimanfaatkan oleh para Jaksa dan Pegawai Kejaksaan sebagai bahan referensi dalam menyusun analisa dan argumentasi hukum. Sebagai contoh dalam menyusun Surat Tuntutan, Jaksa dapat memanfaatkan layanan ini untuk mencari peraturan perundang-undangan terkait, sejarah peraturan tersebut, memorie van toelichting, termasuk mencari putusan pengadilan dan yurisprudensi untuk kasus serupa, serta hasil riset atau opini dari para ahli hukum,” ujar Kepala Biro Perencanaan.

Fasilitas akses data layanan Hukum Online Pro untuk para jaksa dan pegawai kejaksaan merupakan bagian dari implementasi Prioritas Nasional, yaitu mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas dan berdaya saing. Upaya ini bertujuan meningkatkan kemampuan SDM agar lebih efektif dan efisien, yang akan berdampak pada peningkatan produktivitas kerja dan kepercayaan masyarakat terhadap kinerja kejaksaan.

“Oleh karena itu, pemberian akses data Hukum Online Pro ini merupakan salah satu bagian dari ikhtiar untuk meningkatkan kualitas SDM Kejaksaan, dengan memastikan jajaranya dapat mengakses informasi hukum terkini dengan mudah, memungkinkan mereka untuk bekerja dengan cepat dan tepat,” pungkas Kepala Biro Perencanaan.
Sharing:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *