Lewat Program Pembinaan, Mahasiswa KKN UPGRIS Bantu Kembangkan UMKM di Desa Gebanganom Kendal

KENDAL (Awall.id) – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas PGRI Semarang (UPGRIS) gelar pembina UMKM dengan mengajak pelaku UMKM Desa Gebanganom Kecamatan Rowosari Kabupaten Kendal, Sabtu (24/2).

Hal ini sebagai langkah untuk memberikan manfaat peluang dan perkembangan bagi para pelaku UMKM yang ada di wilayah tersebut, kegiatan ini juga mengusung tema ‘Menciptakan Bisnis Yang Layak dan Berkelanjutan Bagi Pelaku UMKM Desa Gebanganom’.

Kegiatan ini dibuka oleh Ketua TP PKK Desa Gebanganom, Nur Aeni, ia menyampaikan apresiasinya kepada kepedulian mahasiswa terhadap pelaku umkm untuk dapat menunjang perekonomian di desa Gebanganom.

” Saya mendukung penuh kegiatan mahasiswa KKN UPGRIS di desa Gebanganom terkhususnya kegiatan yang dapat menunjang kualitas UMKM desa,” ujar Nur saat membuka kegiatan tersebut.

Selain itu, Kegiatan ini juga bekerjasama dengan wirausahawati Noventia Karina Putri, ia merupakan wirausahawati yang telah sukses merintis bisnis kulinernya sejak tahun 2013 dan hingga saat ini telah memiliki 11 cabang yang tersebar di Semarang.

Ini menjadi bukti dan harapan bahwa para pelaku usaha bisa memberikan dampak positif untuk perekonomian individu atau kelompok masyarakat.

Diketahui, mayoritas pelaku usaha di Desa Gebanganom memiliki keluhan yang sama yaitu ,mereka kesulitan untuk mengembangkan usaha, dan tak sedikit yang gulung tikar.

Sehingga ini dapat menjadi moment yang tepat untuk mahasiswa KKN UPGRIS menyelenggarakan program pembinaan tersebut.

Melalui program ini, para pelaku UMKM Desa Gebanganom dapat memperoleh pengetahuan baru tentang manajemen bisnis, pemasaran, dan strategi pengembangan usaha yang berkelanjutan.

Mahasiswa KKN UPGRIS dapat berperan sebagai fasilitator yang membantu dalam menyampaikan materi, memberikan panduan praktis, dan membimbing peserta untuk mengimplementasikan pembelajaran tersebut dalam usaha mereka masing-masing.

Kerjasama antara mahasiswa KKN UPGRIS dan Noventia Karina Putri menciptakan sinergi yang dapat menghasilkan dampak positif bagi pengembangan UMKM Desa Gebanganom.

Harapannya program ini dapat memberikan kontribusi signifikan dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat setempat, sekaligus menciptakan model bisnis yang layak dan berkelanjutan.

Sharing:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *