Irene dan Medina Mundur dari Piala Dunia Catur 2021, Selamatkan Peserta dari Covid-19

IM Irene Kharisma Sukandar
IM Irene Kharisma Sukandar

JAKARTA (Awal.id) – Dua Srikandi catur Indonesia, IM Irene Kharisma Sukandar dan IM Medina Warda Aulia memutuskan mundur dari Piala Dunia Catur 2021, di Sochi, Rusia.

Keputusan mundur itu ditempuh mereka guna memberikan rasa aman, dan keselamatan bagi semua peserta, penyelenggara, arbiter dan semua orang di sekitar arena pertandingan, terkait musibah Covid yang menimpa timnas catur Indonesia.

Dari hasil tes PCR yang dilakukan di Rusia, Irena dan Media dinyatakan negatif dari paparan virus Corona. Mereka diwajibkan tes PCR, setelah dua rekan IM Muhammad Ervan dan GM Susanto Megaranto positip terpapar Covid-19.

Dengan keputusan ini, Tim Merah Putih sudah tidak memiliki wakilnya di Piala Dunia Catur 2021. Keputusan mundur Irene dan Medina di putaran kedua ini otomatif memberikan kemenangan bagi lawan-lawan.

GM Harika Dronvalli dan GM Valentina  Gunina yang menjadi lawan Irena dan Medina akan langsung melaju putaran kedua. Sebelumnya, pengumuman resmi mundur di babak kedua putaran kedua, Irene dan Medina tertinggal 0-1 atas lawan-lawannya.

IM Medina Warda Aulia

IM Medina Warda Aulia

Alasan dan keputusan mundur dari kejuaraan catur paling bergengsi ini juga dilontarkan Irena Kharisma Sukandar dalam akun Twitternya.

“Kepada semua, kami ingin mengumumkan bahwa Medina dan saya telah memutuskan untuk mundur dari Piala Dunia. Kami sungguh sangat termotivasi untuk terus bersaing tetapi keselamatan semua peserta, penyelenggara, arbiter dan semua orang di sekitar kami jauh lebih penting daripada kepentingan pribadi kami.”

“Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada @FIDE_chess atas segala tindakan yang mereka lakukan untuk memastikan bahwa kami dapat terus bersaing, dan semua penggemar dan teman-teman yang telah memberi kami dukungan penuh mereka,” tulis Irene dalam akun Twitter, Jumat (16/7).

Irene mengungkapkan dirinya beserta tim catur Merah Putih akan terus mewaspadai penularan Covid hingga kepulangannya ke Tanah Air nanti.

Irene tidak lupa juga memohon seluruh rakyat Indonesia untuk mendoakan kesembuhan dan pemulihan Susanto Megaranto dan Muhammad Ervan yang saat ini sedang menjalani isolasi untuk melawan virus Corona.

“Mohon berikan juga dukungan Anda untuk pemulihan sisa delegasi Indonesia yang dinyatakan positif. Baik Megaranto maupun Ervan juga kecewa, tetapi mereka berterima kasih atas semua dukungan Anda. Dan kami akan melakukan segala yang kami bisa untuk segera pulang dengan selamat. Terima kasih semua,” cuit Irene.  (*)

Sharing:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *