Ganjar Beri Solusi “Kesepakatan Sementara” Redam Konflik Laut China Selatan

Penampilan Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo pada Debat Ketiga Pilpres 2024, Minggu (7/1) malam
Penampilan Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo pada Debat Ketiga Pilpres 2024, Minggu (7/1) malam

JAKARTA (Awall.id) – Ganjar Pranowo, capres 2024 memberikan solusi “kesepakatan sementara” untuk meredam konflik Laut China Selatan. Hal itu disampaikan Capres nomor urut 3 itu saat debat ketiga KPU RI yang digelar di Istora Senayan, Minggu (7/1/2024) malam.

“Maka usulan kami sangat jelas dan clear. Yakni kesepakatan sementara. Kesepakatan sementara ini kita dorong dan inisiatif agar kita bisa mencegah sesuatu yang tidak kita inginkan,” ujar Ganjar.

Politikus berambut putih itu juga akan mengevaluasi karena sudah 20 tahun lebih isu Laut China Selatan belum juga beres.

“Kita evaluasi perjalanan selama ini bagaimana permasalahan laut China Selatan tidak pernah selesai. Sudah dengan DOC (implementasi declaratio of Conduct) sudah dengan CoC (Code of Conduct),” paparnya.

Menurut Ganjar, jika konflik Laut China Selatan tidak segera diselesaikan, maka bisa berdampak terhadap Indonesia.

“Bukan tidak mungkin cerita potensi terjadi konflik dengan negara lain akan muncul. Mungkin perangnya tidak sampai ke Indonesia. Tapi pada sisi lain kita bisa kena dampak,” ungkapnya.

Maka, Ganjar kembali menegaskan, perlunya dilakukan kesepakatan sementara untuk menghindari potensi yang lebih tinggi.

“Berikutnya, bagaimana patroli kita bisa perkuat juga di wilayah laut China Selatan. Maka inilah titik penting yang mesti kita dorong, inisiatif ini untuk membuat kesepakatan sementara untuk menghindari potensi yang lebih tinggi kita akan meredam dengan cara itu,” tandasnya.

Sharing:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *