Jamaah Rifaiyah Kabupaten Kendal Menggelar Haul KH Ahmad Rifa’i

KENDAL (Awall.id)  – Mengenang pahlawan asli Kendal jamaah Rifaiyah Kabupaten Kendal menggelar Haul KH Ahmad Rifa’i, di Pendopo Tumenggung Bahurekso Kendal,  Minggu (12/11).

Jamaah Rifaiyah yang hadir tidak hanya dari Kabupaten Kendal saja namun juga dihadiri dari Pengurus Rifaiyah Kabupaten/kota se Jawa Tengah. Hal tersebut disampaikan Ketua Panitia KH Parno Al Fatih.

Ketua Pantia Penyelenggara, KH Parno Al Fatih mengatakan, kegiatan ini digelar dalam rangka memperingati Haul KH Ahmad Rifa’i sebagai Pahlawan Nasional asli Kendal.

“Harapannya, dengan haul ini kita semua dapat mengikuti jejak beliaunya dengan selalu mengenang suritauladan Ahmad Rifa’i selama hidupnya,”kata Gus Parno.

Terpisah Pimpinan Pusat Rifaiyah KH Mukhlisin Muzari dalam sambutannya mengapresiasi digelarnya Haul KH Ahmad Rifa’i, seorang pahlawan yang telah berjuang demi kemerdekaan Republik Indonesia.

“Perjuangan KH Ahmad Rifa’i sudah usai, hatapannya jemaah Rifaiyah mampu untuk terus meneruskan perjuangan beliaunya,”harapnya.

Wakil Bupati Kendal, Windu Suko Basiki, saat membuka acara menyampaikan sambutan Bupati Kendal, bahwa pada tahun 1785 di Tempuran, Kabupaten Kendal, lahir seseorang yang akhirnya tumbuh menjadi pejuang gigih dalam melawan penjajahan Belanda yaitu KH Ahmad Rifa’i.

Dikatakannya, Ahmad Rifa’i mengajarkan kepada bangsa indonesia agar mempunyai sikap, semangat, dan nilai-nilai tersebut benar-benar meresap di hati. Memotivasi untuk berjuang mempertahankan kedaulatan bangsa dari penjajahan/kedzaliman kolonial Belanda.

“Kiai Rifa’i diasingkan ke beberapa tempat sampai ke Ambon. Kemudian beliau dipindahkan lagi ke tahanan Kampung Jawa di Tondano, Sulawesi Utara, sampai beliau wafat dan dimakamkan di sana pada tahun 1869,”jelas Wabup.

Pada tahun 2004, pemerintah menganugerahkan gelar Pahlawan Nasional kepada KH Ahmad Rifa’i, sebagai bentuk penghargaan atas jasa dan perjuangannya.

“Warga Kendal patut berbangga memiliki Pahlawan Nasional yaitu KH Ahmad Rifa’i,”tandas Wabup Windu Suko Basuki.

Acara kemudian dilanjutkan dengan mengikuti tauziah yang menghadirkan Habib Abbas Bin Abu Bakar Al Haddad dari Pekalongan, yang juga menyampaikan suri tauladan KH Ahmad Rifa’i yang telah berjuang demi kemerdekaan RI.

Sharing:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *