Jadi Panglima TNI, Agus Subiyanto Dapat Arahan Khusus dari Jokowi

Presiden Jokowi melakukan penanggalan dan penyematan tanda pangkat dan jabatan kepada Jenderal Agus Subiyanto pada pelantikannya sebagai Panglima TNI di Istana Negara, Jakarta, Rabu (22/11/2023)
Presiden Jokowi melakukan penanggalan dan penyematan tanda pangkat dan jabatan kepada Jenderal Agus Subiyanto pada pelantikannya sebagai Panglima TNI di Istana Negara, Jakarta, Rabu (22/11/2023)

JAKARTA (Awall.id) – Jenderal TNI Agus Subiyanto resmi menyandang jabatan sebagai Panglima TNI, setelah dilantik oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Jakarta, Rabu (22/11/2023).

Usai pelantikan, Jenderal Agus mengungkapkan dirinya mendapat pesan dan arahan khusus dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait tugasnya memimpin Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Agus mengatakan bahwa Presiden Jokowi meminta dirinya untuk melaksanakan tugas pokok sebagai Panglima TNI, serta berkolaborasi dengan Polri, dan seluruh elemen masyarakat.

“Jadi setelah waktu itu saya menghadap beliau, arahannya ya itu. Melaksanakan tugas pokok, berkolaborasi dengan Polri dan seluruh elemen masyarakat,” ujar Agus di Istana Negara, Jakarta, usai dilantik presiden.

Agus menuturkankan, kolaborasi yang dimaksud adalah dalam menjalankan tugasnya, antara lain untuk menangani permasalahan di Papua hingga bencana alam. Dirinya menekankan akan selalu berkolaborasi dengan semua pihak.

“Tentang penanganan Papua, tentang bencana alam yang sering terjadi di sini. Jadi kita selalu kolaborasi dengan kementerian terkait. Itu yang disampaikan Bapak Presiden. Kita menggandeng semua,” kata Agus.

Diberitakan sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Jenderal TNI Agus Subiyanto menjadi Panglima TNI di Istana Negara, Jakarta pada hari ini, Rabu (22/11/2023). Agus menggantikan Panglima TNI sebelumnya yakni Laksamana Yudo Margono yang akan memasuki masa pensiun.

Pelantikan Agus berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) Nomor 102/TNI/2023 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Panglima Tentara Nasional Indonesia. Keppres tersebut ditetapkan di Jakarta pada tanggal 22 November 2023.

Sharing:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *