Ganjar Serahkan Bantuan Gamelan untuk Seniman Jawa di Sumatera Utara

Bakal calon presiden 2024, Ganjar Pranowo, disambut meriah warga dan seniman Jawa di Sumatra Utara yang berkumpul di Lapangan Desa Tumpatan Nibung, Kecamatan Batang Kuis, Deli Serdang, Sumatera Utara, Jumat (10/11/2023)
Bakal calon presiden 2024, Ganjar Pranowo, disambut meriah warga dan seniman Jawa di Sumatra Utara yang berkumpul di Lapangan Desa Tumpatan Nibung, Kecamatan Batang Kuis, Deli Serdang, Sumatera Utara, Jumat (10/11/2023)

SUMUT (Awall.id) – Seniman Jawa di Sumatera Utara mendapat bantuan seperangkat alat gamelan dari bakal calon presiden 2024, Ganjar Pranowo. Mereka tak menyangka, kedatangan Ganjar ke Sumatera Utara menjadi berkah buat mereka.

Ganjar hadir ke Sumatera Utara pada Jumat (10/11/2023) untuk bersilaturahmi dengan sejumlah elemen masyarakat. Salah satunya adalah para seniman kuda kepang, barongan, reog dan seniman Jawa lainnya yang ada di sana.

Untuk menyambut kedatangan Ganjar, sebanyak 50 group seniman Jawa berkumpul di Lapangan Desa Tumpatan Nibung Kecamatan Batang Kuis, Deli Serdang, Sumatera Utara. Mereka bersatu mempertunjukkan tari kolosal kuda kepang, barongan dan reog di hadapan Ganjar.

Saat hendak meninggalkan lokasi, Ganjar menyerahkan bantuan seperangkat alat gamelan yang terbuat dari perunggu. Bantuan itu diterima secara simbolis oleh tiga pemimpin sanggar yang ada di sana.

“Semoga ini bermanfaat untuk pelestarian budaya kita. Tetap berlatih dan jangan pernah lelah melestarikan budaya. Kita wujudkan semangat Bung Karno, menjadikan bangsa ini memiliki kepribadian dalam kebudayaan,” ucap Ganjar saat menyerahkan bantuan itu.

Tepuk tangan riuh dari masyarakat yang hadir langsung bergema. Mereka sangat senang memiliki pemimpin yang peduli pada kebudayaan tradisional di Indonesia.

“Kami dari paguyuban kesenian Sumatera Utara sangat senang dan bangga sekali mendapat bantuan alat gamelan dari Pak Ganjar. Ini bukti kalau Pak Ganjar memang cinta pada budaya nusantara,” ucap Paryono, pemilik sanggar seni Melati Putih.

Paryono menambahkan, selama ini belum pernah ada pemimpin yang datang untuk memberikan bantuan. Padahal, bantuan sangat dibutuhkan bagi para pelestari seni untuk menguri-uri kebudayaan tradisional.

“Baru Pak Ganjar yang datang dan memberikan bantuan. Tentu kami sangat senang. Harapannya Pak Ganjar menang, jadi presiden, agar kebudayaan tradisional Indonesia semakin maju,” timpal Budi Gimbal, pemilik sanggar Panca Karya Budaya.

Sharing:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *