Usai Putusan MK, Anies dan Cak Imin Nyatakan Siap Lawan Siapapun di Pilpres 2024

Pasangan Capres-Cawapres 2024, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar
Pasangan Capres-Cawapres 2024, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar

JAKARTA (Awall.id) – Bakal calon presiden dan wakil presiden Koalisi Perubahan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, menyatakan siap bertarung dengan siapapun di perhelatan Pilpres 2024 mendatang.

“Gini gini gini, kalau tak siap, tak akan siap-siap mendaftar. Kita siap daftar tanpa bertanya siapa yang jadi kompetitor,” kata Anies ketika ditanya kesiapannya menghadapi duet Prabowo-Gibran di Pilpres saat ditemui di kediamannya di Lebak Bulus, Jakarta, Senin (16/10).

Pernyataan Anies disampaikan usai Mahkamah Konstitusi (MK) mengabulkan gugatan yang membuat Gibran Rakabuming berpeluang menjadi cawapres. Nama putra Presiden Joko Widodo ini memang semakin santer dibicarakan terkait dengan putusan MK tersebut.

Anies menuturkan, Pilpres 2024 bukan kompetisi antarkandidat, melainkan membawa amanat soal perubahan untuk keadilan. Semangat perubahan, lanjutnya, akan dibawa agar rakyat bisa merasakan kesetaraan kesempatan ke depannya.

“Kita fokus pada agenda itu, dan siapa pun yg nanti dapat amanat dari koalisi manapun, kita siap bawa gagasan itu. karena itu bukan berperang, bukan bermusuhan, ini berkompetisi membawa gagasan,” kata Anies.

Anies menambahkan bahwa dirinya menghormati putusan MK yang mengabulkan gugatan terkait syarat pendaftaran capres-cawapres yang harus berusia minimal 40 tahun atau berpengalaman sebagai kepala daerah.

“Kita hormati dan hargai. Dan kami fokusnya mendaftar pada tanggal 19 [Oktober] besok,” kata Anies.

Beberapa hari sebelum MK membacakan putusan itu, Ketum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin juga mengatakan, pihaknya menyerahkan keputusan gugatan batas usia capres dan cawapres ke hakim Mahkamah Konstitusi (MK). Dia bersama Anies Baswedan siap lawan siapapun di 2024.

“Saya mengajak semua untuk menghormati apapun keputusan MK kita tunggu saja, saya sampai hari ini belum tahu apakah sudah sidang atau belum, yang penting MK harus mempertanggungjawabkan, transparan, akuntabel di dalam mengambil keputusan,” kata Cak Imin di acara Temu Juang aktivis Jogja, UC UGM, Rabu (11/10/2023).

Cak Imin menambahkan, siapapun lawan AMIN pihaknya akan siap. Hal itu sudah menjadi komitmen bersama dengan partai pengusung.

“Siap (siapapun lawannya), kita sangat siap dengan siapapun, kami sudah konsolidasi dan menyatakan mau 2 pasang, 3 pasang, mau siapapun, kami menyatakan siap,” tegasnya.

Sharing:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *