Kebakaran di TPA Jatibarang Semarang, Kepulan Asap Masih Nampak

SEMARANG (Awall.id) – Insiden kebakaran di TPA Jatibarang yang terjadi Senin (18/9/2023), kemarin, hari ini masih terlihat kepulan asap di beberapa titik di lokasi kebakaran tersebut.

Kabid Operasional dan Penyelamatan Dinas Pemadam Kebakaran Semarang, Untung Sugiono mengatakan hingga saat ini beberapa titik api masih berusaha dipadamkan.

Ia menyebut, api sudah mulai mengkrucut dan aktifitas truk sampah juga sudah kembali normal.

“Sisi timur sudah padam, selatan, barat, dan utara belum. Tetapi sudah mengerucut, tidak melebar,” ujarnya, Selasa (19/8/2023).

Lebih lanjut ia menuturkan bahwa saaat ini pemadaman kebakaran ini hanya mengandalkan unit Damkar Kota Semarang. Sedangkan armada bantuan yang sempat didatangkan kemarin dari Kabupaten Semarang dan Kendal sudah dipulangkan pada dini hari tadi.

“Tinggal dari kami ada delapan armada. Armada sudah agak dikurangi karena titik api sudah mulai mengerucut. Untuk bantuan dari Kabupaten sudah dipulangkan tadi malam,” tandasnya.

Sementara, Kepala BPBD Kota Semarang Endro P Martanto menambahkan akan tetap mendirikan dapur umum hingga dua hari ke depan untuk para petugas. Tak hanya itu, petugas Damkar tetap akan bersiaga mengantisipasi adanya sekam.

“Yang perlu diantisipasi adalah sekam, sekam itu adalah bara api yang di dalam, yang dipermukaan tidak kelihatan sepertinya sudah padam tapi bisa menimbulkan lagi yang lebih besar. Maka, petugas harus tetap bersiaga,” imbuhnya.

Dalam pantuan tim Awall.id, pada pukul 11.33 WIB, nampak aktifitas truk sampah bongkar muat sudah kembali normal. Beberapa Truk Damkar juga silih berganti untuk terus memadamkan api yang belum padam seluruhnya.

Sharing:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *