Cak Imin Diperiksa Bersamaan dengan Penggeledahan Rumah Reyna Usman di Bali

Cak Imin Diperiksa Bersamaan dengan Penggeledahan Rumah Reyna Usman di Bali.
Cak Imin Diperiksa Bersamaan dengan Penggeledahan Rumah Reyna Usman di Bali

BADUNG (Awall.id) – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan penggeledahan di rumah milik politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Reyna Usman, di Jalan Tunon, Banjar Bernasih, Desa Buduk, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung, Bali, Kami (7/9) siang.

Setidaknya ada empat petugas yang mengenakan rompi KPK melakukan penggeledahan di rumah Reyna Usman yang kini masih menjabat Wakil Ketua DPW PKB Bali.

Penggeledahan itu dilakukan untuk melengkapi alat bukti dalam kasus dugaan korupsi pengadaan barang dan jasa sistem proteksi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans) 2012.

Di hari yang sama, sore harinya KPK juga sedang memeriksa Ketua Umum PKB sekaligus mantan Menakertrans Muhaimin Iskandar alias Cak Imin sebagai saksi, di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta.

Di kediaman Reyna Usman, KPK menggeledah satu kamar dan sebuah mobil dengan membawa satu koper besar. Mereka dikawal oleh tiga anggota kepolisian.

Dalam penggeledahan itu, penyidik menyita satu kwitansi. Rumah seluas 9 are atau 900 meter itu hanya dijaga oleh seorang perempuan yang merupakan petugas kebersihan atau penjaga rumah.

Penjaga rumah itu hanya diminta keterangan oleh petugas KPK dan disaksikan oleh seorang Kelian atau Petinggi Dinas Banjar Bernasih, Desa Buduk, bernama Bagus Murda.

Reyna Usman telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kapasitasnya sebagai mantan Dirjen Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja dan Transmigrasi.

Reyna pun telah diperiksa secara intensif oleh penyidik. Dia digali keterangannya secara mendetail terkait perencanaan pengadaan sistem proteksi TKI hingga pelaksanaan lelang.

Sharing:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *