Bertemu Tokoh Lintas Agama Banten, Ganjar Tekankan Pentingnya Toleransi

Calon presiden PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo, bertemu dengan tokoh lintas agama, seniman dan milenial Banten di GOR Gondrong Tangerang, Minggu (28/5/2023). Ganjar menekankan pentingnya menjaga toleransi antarumat beragama

TANGERANG (Awal.id) – Calon presiden PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo, menekankan pentingnya menjaga toleransi antarumat beragama. Ke depan, jangan sampai lagi ada kejadian yang timbul karena isu SARA.

Hal itu disampaikan Ganjar saat bertemu tokoh lintas agama, seniman dan milenial Banten di GOR Gondrong Tangerang, Minggu (28/5/2023). Dalam acara itu, hadir semua tokoh lintas agama di Banten, yakni Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Budha, Konghuchu.

“Saya senang ketika di Banten selalu bertemu dengan tokoh-tokoh lintas agama dan tokoh budaya. Saya titip, mari kita semua menghormati seluruh agama yang ada di sini. Mari kita tunjukkan kita bisa hidup rukun, beribadah dengan nyaman dan bermasyarakat dengan baik,” kata Ganjar.

Perbedaan baik suku, agama, ras dan golongan, lanjut Ganjar, ialah sunnatullah. Sejak lahir, semua orang ditakdirkan berbeda-beda. Tapi apapun perbedaannya, mereka adalah warga negara Indonesia.

“Itu yang mesti kita rawat. Kalau di antara kita bicara sedikit-sedikit rasis, agama, golongan, maka negara ini akan pecah. Siapa yang bertanggungjawab, ya kita semua,” tegasnya.

Banten, lanjut Ganjar, adalah daerah yang memiliki sejarah luar biasa soal toleransi. Sejak masa Kesultanan Banten, toleransi beragama sudah tumbuh subur di Tanah Jawara ini.

“Karena di dekat Kesultanan Banten, ada tempat ibadah Konghuchu. Dan sejarahnya, menara masjid itu didesain oleh orang China. Jadi, sejak dulu kita sudah diajarkan tentang pentingnya toleransi,” ucapnya.

Salah satu tokoh agama Banten, Romo Ruby Santamoko mengatakan, masyarakat Banten memang mengharapkan adanya kondusivitas. Warga ingin hidup dengan berdampingan dan saling menghormati.

“Apalagi menjelang pemilu saat ini, kami berharap semuanya berjalan kondusif. Kami rakyat Indonesia sudah cerdas, kami pasti memilih pemimpin yang peduli pada toleransi, seni dan budaya. Kami ingin memilih presiden rakyat, dan Pak Ganjar adalah orangnya,” ucapnya.

Sharing:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *