Tips Katakan “Tidak” Buat Orang Yang Tidak Enakan Untuk Menolak

SEMARANG (Awal.id) – Ada dua tipe orang di dunia ini. Tipe pertama adalah orang-orang yang dengan mudah menolak suatu hal. Namun, sebagian orang lainnya selalu merasa kesulitan untuk menolak atau mengatakan tidak pada permintaan orang lain. Kamu termasuk tipe yang mana nih?

Mengatakan ‘tidak’ bisa jadi sesuatu yang sulit. Dunia menuntut kita untuk dapat membantu siapa saja yang membutuhkan pertolongan. Faktanya, menolak beberapa hal membawa kebaikan bagi dirimu seperti: memberikan waktu dan ruang bagi diri sendiri untuk memulihkan diri dari distraksi sehari-hari, agar dapat kembali prima.

Namun tetap saja, rasanya sulit menolak ajakan apalagi jika kamu punya kecenderungan suka menyenangkan orang lain.

Berikut Awal.id telah rangkumkan 5 cara menolak dengan sopan namun tegas.

  1. Jelaskan alasanmu

Ketika menolak sesuatu, kamu tidak harus menjelaskan alasannya. Tapi, penjelasan itu bisa memberikan konteks mengapa kamu menolak.

Contohnya, ketika temanmu mengajak hang out setelah jam kantor selesai. Kamu bisa saja menolaknya dengan “Terima kasih, tapi aku tidak bisa”. Namun lebih baik jika memberikan alasan yang jelas pada temanmu dan bilang,” Terima kasih, tapi aku sudah ada janji dengan teman gym-ku”

Dengan cara ini, mereka paham bahwa kamu punya alasan yang jelas, bukan karena kamu tidak suka hang out dengannya.

  1. Jangan bertele-tele

Menolak ajakan bisa membuat diri merasa tidak nyaman dan seringkali kita bicara berputar-putar untuk menutupi perasaan itu. Akibatnya, pembicaraan panjang yang tidak penting malah membuat kamu merasa pusing sendiri.

Katakan langsung ke intinya, jujur pada temanmu, katakan alasannya dengan jelas. Temanmu pasti lebih menghargai kejujuran dibanding terlibat dalam obrolan yang berputar-putar.

  1. Delegasikan kepada orang lain

Dalam pekerjaan, sering kali kita diminta melakukan sesuatu untuk menyelesaikan pekerjaan. Cara yang baik untuk menolak pekerjaan tersebut adalah dengan menyarankan orang lain untuk mengerjakannya. Dengan cara tersebut, kamu menunjukkan itikad baik untuk membantu meski kamu tidak dapat menyelesaikannya.

  1. Berkompromi

Dalam hubungan personal dengan keluarga dan teman, sering kali kamu terjebak dalam permintaan hang out yang sulit kamu hindari karena kamu menyayangi dan menghormati mereka.

Kompromi adalah cara yang baik untuk mengatasi masalah ini. Kamu bisa bilang kepada teman atau saudara yang mengajakmu pergi,” Aku bisa ikut, tapi ga bisa lama. Aku pulang sebelum jam 10, ya.”

  1. Egois

Menolong orang lain tentu adalah perbuatan yang baik, tapi jika kamu malah kewalahan, hal itu menjadi tidak sehat. Jika kamu terus menerus membantu orang-orang meski kamu merasa tidak nyaman, bukan hanya pekerjaanmu yang terganggu, tapi juga kewarasan diri. Kamu bisa terjebak pada kebencian akan orang-orang tersebut. Kamu tidak mau itu terjadi, kan?

Mengetahui batasan diri menjadi penting agar kamu tetap merasa nyaman dan sehat secara mental. Tidak apa-apa menjadi egois untuk menjaga batasan diri. Jika bukan kamu yang menjaga diri sendiri, siapa lagi? (is)

Sharing:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *