GM Susanto Megaranto Melaju Putaran Kedua Piala Dunia Catur 2021

GM Susanto Megaranto
GM Susanto Megaranto

JAKARTA (Awal.id) – GM Susanto Megaranto mengikuti jejak dua pecatur putri Indonesia, M Irene Kharisma Sukandar (2413) dan Medina Warda Aulia (2360), melaju ke putaran kedua Piala Dunia Catur 2021.

Pada babak tie break yang memainkan catur cepat, pecatur nomor satu Indonesia itu mampu mengalahkan pecatur Iran GM Ehsan Ghaem Maghami (2547) di Sochi, Rusia, Rabu (14/7).

Susanto Megaranto secara keseluruhan unggul 1,5-05 atas Ehsan Ghaem Maghami. Sebelumnya, pada pertandingan catur klasik, kedua pecatur berbagai angka 1-1, hasil dua kali remis.

Torehan prestasi Susanto yang menembus putaran kedua Piala Dunia Catur ini menyamaikan hasil yang pernah ditorehkan pecatur legendaris Indonesia, GM Utut Adianto di Groningen, Belanda (1996) dan di Tripoli, Libya (2004).

Hasil ini sendiri merupakan prestasi bagi Susanto, karena pada keikutsertaan tiga kali di Piala Dunia Catur sebelum, yakni 207, 2010, dan 2019 yang semuanya berlangsung di Khanty-Mansiysk, Rusia, semua berakhir pada putaran pertama.

“Khusus penampilan keempat saya di Piala Dunia, saya mempersiapkan secara matang. Terus terang, saya tidak ingin mengulang tiga kali kegagalan di ajang yang sama,” tukas Susanto.

Dia mengakui permainan pecatur Iran GM Ehsan Ghaem Maghami (2547) yang dikalahkan di putaran pertama merupakan lawan yang cukup berat.

Ini terbukti, Susanto tidak mampu memetik kemenangan pada dua kali permainan catur klasik yang dimainkan pada awal babak.

Di babak tie break, Susanto Megaranto yang memegang buah hitam sejak pembukaan berupa meladeni permainan Ghaem Maghami. Setelah melakukan adu menteri, Susanto dengan berani menjalankan rajanya untuk ikut membantu ke medan pertemuan.

Pada langkah 51, Susanto membuat lawannya menyerah. Pada saat Ghaem Maghami menjatuhkan rajanya, Susanto memiliki raja dan satu benteng, sementara lawan memiliki raja dan dua pion.

Perjuangan berat sudah menanti Susanto Megaranto di putaran kedua. Pecatur asal Indramayu, Jawa Barat itu sudah ditunggu pecatur terkuat asal Amerika, GM Fabiano Caruana. Secara kualitas, pecatur wakil Indonesia ini kalah segalanya dari Caruana, baik elo rating, peringkat dunia maupun mengalaman bertanding di tingkat internasional. (*)

Sharing:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *