Komisi VII DPR RI Pertanyakan Rencana Penyesuaian Tarif Listrik

Sartono
Sartono

JAKARTA (Awal.id) – Anggota Komisi VII DPR RI Sartono mempertanyakan rencana penyesuaian tarif listrik yang akan dilakukan pemerintah pada kuartal ketiga tahun 2021 ini.

“Pemerintah melalui Kementerian ESDM akan melakukan penyesuaian tarif listrik mengikuti harga keekonomian yang ada. Apakah kebijakan ini tepat. Mengingat situasi saat ini, dalam masa transisi, karena masyarakat masih dalam kesulitan,” ujar Sartono pada rapat kerja Komisi VII DPR RI dengan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif, di ruang rapat komisi, Senayan Jakarta, Rabu (2/6).

Politisi Fraksi Partai Demokrat ini meminta pemerintah perlu melihat kemampuan APBN. Di mana, subsidi negara masih diperlukan untuk meningkatkan daya ungkit masyarakat.

Dia berharap rencana tersebut agar ditinjau kembali, mengingat dampak pandemi masih sangat dirasakan masyarakat.

Diketahui, dengan tujuan untuk mengurangi beban APBN, pemerintah akan mengubah skema penghitungan harga listrik mengikuti tarif keekonomian pada kuartal-III tahin 2021.

Hal ini akan berdampak bagi kenaikan tagihan listrik yang harus dibayarkan masyarakat. Selama ini negara melalui APBN harus membayar selisih harga jual listrik atau kompensasi kepada PT PLN (Persero). (*)

Sharing:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *