Ini 11 Daerah di Jateng yang Berstatus Zona Merah

Gubernur Ganjar Pranowo
Gubernur Ganjar Pranowo

SEMARANG (Awal.id) – Perkembangan pasien Covid-19 di Jawa Tengah menunjukkan peningkatan yang signifikan. Hal itu terbukti dengan bertambahnya status zona merah yang kini menjadi 11 daerah dari sebelumnya hanya 8 daerah.

Wilayah dengan risiko tinggi penyebaran Covid-19 itu meliputi Kabupaten Kudus, Jepara, Pati, Demak, Grobogan, Sragen, Brebes, dan Kabupaten Tegal.

Saat ini, penambahan zona merah ada di Kabupaten Semarang, Wonogiri, dan Karanganyar.

“Jadi Kudus megar nambah ke Jepara, Pati, Grobogan, Demak. Di Grobogan bawah sedikit Sragen. Sekarang sudah bergerak perbatasan itu Kabupaten Semarang. Masih satu rumpun ini. Yang Sragen ke Karanganyar dan Wonogiri. Sepertinya episentrum bergerak pelan menunjukkan ada mobilitas cukup tinggi di situ. Itu hipotesisnya,” ujar Ganjar.

Dari perkembangan yang kurang mengenakkan itu, gubernur meminta seluruh kepala daerah mulai memetakan apa saja yang saat ini terjadi di daerahnya. Di antaranya adalah data tempat tidur atau BOR rumah sakit, angka kematian dan kesembuhan, hingga data epidemiologi.

Ia juga meminta daerah memperketat pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) mikro serta kesiapan nakes dan rumah sakit.

“Di sisi hilirnya disiapkan betul nakesnya, rumah sakitnya dan sebagainya,” imbuhnya.

Di sisi lain, Ganjar juga mengimbau daerah meningkatkan edukasi kepada masyarakat terkait protokol kesehatan.

“Tapi yang terpenting adalah edukasinya. Jadi tidak hanya kita nggak boleh, nggak boleh, nggak boleh. Tapi mengedukasi masyarakat agar mereka sadar (protokol kesehatan),” tegasnya. (is)

Sharing:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *