Denmark Vs Finlandia, Laga Penuh Asa Kemenangan

COPENHAGEN (Awal.id) – Laga pembuka Grup B Piala Euro 202 antara Denmarak Vs Finlandia. Pertandingan digelar di Parken Stadium, Copenhagen, Sabtu (12/6) malam pukul 23.00 WIB, Denmark memang menjadi salah satu dari 11 negara tuan rumah Euro kali ini.

Demi menjaga asa lolos ke fase gugur, kedua tim tentu akan sama-sama ngotot untuk memetik poin penuh.

Belgia memang diyakini akan melenggang mulus sebagai juara grup di Grup B Euro 2020.

Denmark, Finlandia, serta Rusia diprediksi akan bersaing ketat untuk menjadi runner-up grup ataupun salah satu dari tim peringkat ketiga terbaik di babak penyisihan Euro 2020, untuk tampil di babak 16 besar turnamen.

Denmark layak lebih diunggulkan untuk meraih tiga poin ketimbang Finladia. Karena tampil di rumah mereka sendiri. Selain itu, skuad besutan Pelatih Kasper Hjulmand juga tampak lebih komplet ketimbang Finlandia.

Denmark mengandalkan ketangguhan penjaga gawang Kasper Schmeichel, putra dari kiper legendaris Peter Schmeichel yang sukses mengejutkan Eropa kala menjuarai Euro 1992 silam bersama tim yang santer termasyur dengan sebutan ‘Tim Dinamit Denmark’.

Selain itu,posisi duo bek sentral di depan Kasper ada pemain belakang Chelsea, Andreas Christensen serta bek AC Milan yang berstatus kapten tim Denmark, Simon Kjaer. Di depan lini  belakang Denmark, berdiri jangkar Tottenham Hotspur, Pierre-Emile Hojbjerg yang siap memproteksi serta memberikan rasa aman bagi tim Skandinavia itu.

Di lini tengah Denmark bertumpu pada kreativitas playmaker Inter Milan, Christian Eriksen, yang akan menyokong penyerang RB Leipzig Yussuf Poulsen, penyerang Barcelona Martin Braithwaite, serta penyerang muda FC Copenhagen Jonas Wind sebagai goal-getter.

Finlandia praktis tampil di putaran final Euro 2020 dengan hanya mengandalkan kolektivitas tim. Tak ada bintang yang benar-benar menonjol dari tim asuhan pelatih Markku Kanerva itu.

Hanya ada tiga nama yang bisa dikedepankan sebagai ace tim Finlandia. Ada Teemu Pukki, striker Norwich City yang sempat mencuri perhatian di Liga Inggris dua musim lalu. Dan terdapat gelandang veteran sekaligus kapten Finlandia, Tim Sparv yang bermain untuk tim Yunani AEK Athens, serta kiper Lukas Hradecky yang merumput di Bundesliga Jerman Bayer Leverkusen.

Finlandia adalah tim debutan di Euro 2020, bahkan ini merupakan pertama kalinya mereka lolos ke turnamen besar. Minimnya pengalaman ini diyakini akan membuat Finlandia kesulitan berbicara banyak di Euro 2020, meski Grup B yang mereka tempati relatif lebih ringan ketimbang grup-grup lainnya di babak penyisihan Piala Eropa tahun ini.

5 Pertemuan Terakhir:

16-11-2011 – Denmark 2-1 Finlandia (Laga Uji Coba / Persahabatan)

03-06-2005 – Finlandia 0-1 Denmark (Laga Uji Coba / Persahabatan)

21-08-2003 – Denmark 1-1 Finlandia (Laga Uji Coba / Persahabatan)

31-05-1995 – Finlandia 0-1 Denmark (Laga Uji Coba / Persahabatan)

17-08-1994 – Denmark 2-1 Finlandia (Laga Uji Coba / Persahabatan)

Prakiraan Susunan Pemain:

Denmark XI: Schmeichel; Wass, Christensen, Kjaer, Maehle; Hojbjerg, Delaney; Poulsen, Eriksen, Braithwaite; Wind.

Pelatih: Kasper Hjulmand (Denmark)

Finlandia XI: Hradecky; Arajuuri, Toivio, O’Shaughnessy; Raitala, Kamara, Sparv, Lod, Uronen, Pohjanpalo, Pukki.

Pelatih: Markku Kanerva (Finlandia) (is)

Sharing:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *