Anies Baswedan Usul ke Pengusaha, Karyawan ke Kantor Naik Sepeda Dapat Insentif

Gubernur Jakarta Anies Baswedan memprakarsai karyawan perusahaan untuk bersepeda saat berangkat ke kantor.
Gubernur Jakarta Anies Baswedan memprakarsai karyawan perusahaan untuk bersepeda saat berangkat ke kantor.

JAKARTA (Awal.id) – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta perusahaan-perusahaan yang berada di DKI Jakarta perlu memberi insentif bagi karyawan yang bersepeda ke kantor.

“Pengusaha juga harus membuat warga lebih sehat dan kota lebih bersih,” kata Anies Baswedan pada peringatan Hari Sepeda Sedunia dan Pekan Nasional Keselamatan Jalan (PNKJ) 2021, di Gedung Kementerian Perhubungan, Jakarta Pusat, Jumat (4/6).

Selain itu, Anies juga mengusulkan agar perusahaan menyediakan sepeda di tempat kerja untuk dimanfaatkan karyawan pada kegiatan jarak pendek, seperti makan siang, ibadah dan sebagainya.

“Kalau kegiatan bersepeda bisa diterapkan sehari-hari, nantinya kita akan merasakan kota urban yang kondisinya lebih sehat,” paparnya.

Menurut dia, saat ini DKI Jakarta telah memiliki 63 kilometer jalur sepeda, termasuk yang permanen seperti di Jalan Sudirman – Thamrin. “Insyaallah di akhir tahun akan ada tambahan 117 km, jadi di akhir tahun kita akan punya lebih dari 170 km jalur sepeda,” ujarnya.

Anies optimistis usaha tersebut juga tidak berat. Usulan ini, kata dia, merupakan suatu ikhtiar untuk mengubah cara pandang masyarakat Ibu Kota Indonesia terhadap arti pentingnya bersepeda.

“Cara pandang kita terhadap mobilitas. Kita berharap sekali bahwa dunia untuk hidup lebih sehat untuk kota lebih bersih ditopang dengan lebih banyak pejalan kaki lebih banyak pesepeda. Jakarta sedang bekerja menuju arah sana, semoga ikhtiar ini bisa tercapai seperti harapan terima kasih,” tutupnya. (is)

Sharing:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *