Satpol PP Kota Semarang Jaring 13 Manusia Karung

Sejumlah PGOT dan manusia yang terjaring razia Satpol PP Semarang mendapat pengarahan dan pembinaan.
Sejumlah PGOT dan manusia yang terjaring razia Satpol PP Semarang mendapat pengarahan dan pembinaan.

SEMARANG (Awal.id) – Satpol PP Kota Semarang gencar menertibkan manusia karung yang kerap menjamur selama bulan Ramadan hingga menjelang Lebaran.

Manusia karung, gelandangan, dan orang terlantar (PGOT) itu diamankan sesuai Perda Nomor 5 Tahun 2014 tentang penanganan PGOT.

Fajar Purwoto Kepala Satpol PP Pemerintah Kota Semarang mengatakan, petugas mengamankan tujuh orang PGOT saat menggelar razia di hari pertama puasa, Selasa (13/4).

Sementara di hari kedua puasa kembali menggelar razia, ditemukan sebanyak 13 orang PGOT. Dari 13 orang PGOT itu, ditemukan 7 orang warga luar Semarang.

“Jumlah yang diamankan ada laki-laki 9 orang, wanita 4 orang. Mereka yang memiliki KTP ada 5 orang dan tidak ber-KTP ada 8 orang. Diketahui warga luar Semarang ada 7 orang dan lainnya warga semarang,” ujar Fajar, Rabu (14/4).

Untuk selanjutnya mereka diamankan ke kantor Satpol PP untuk didata dan diberikan pembinaan.

Razia penertiban PGOT tersebut telah menyasar di beberapa Jalan Protokol kesehatan yakni Jalan Jenderal Sudirman, Indraprasta, Pierre Tendean, MH Tamrin, Pandanaran, Simpang Lima, Pahlawan, Ahmad Yani, MT Haryono, Bubakan, Jalan Kartini, dan Kampung Kali.

Razia manusia karung akan rutin dilakukan selama memasuki bulan Ramadan hingga menjelang Lebaran.Hal tersebut dilakukan agar Kota Semarang tidak lagi menjadi tujuan PGOT, sehingga suasana Semarang senantiasan aman dan nyaman.

“Satpol akan berkirim surat ke satpol PGOT daerah asal mereka agar di lakukan pembinaan dan tidak melakukan aktivitas lagi di kota Semarang,” jelasnya.

Setelah dibina dan didata, para PGOT dilepaskan agar mampu menjalani kehidupan yang lebih baik.Namun, jika mereka kembali nekat menggelandang, pihaknya siap mengirim para PGOT  itu ke tempat resosialisasi di Kota Solo. (is)

Sharing:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *