13 Tahun Vacum, Jikalo Band Kembali Berkarya

Personel Jikalo Band Semarang
Personel Jikalo Band Semarang

SEMARANG (Awal.id ) – Jikalo, grup band beraliran pop asal Semarang, kembali bergeliat karyanya. Setelah vakum selama 13 tahun, grup band dengan formasi awal Agung Dorian (vokal), Galih (gitar), Ayip (bass) dan Iwa (drum), baru-baru ini, meluncurkan merilis album karya terbaru mereka.

Terdapat 12 lagu di album baru mereka. Album baru karya Jikalo ini bertajuk “Segi Empat” ini langsung diapresiasi para pecinta musik selepas peluncuran perdananya.

“Awalnya kami merilis single berjudul “Pertama” sebagai pematik untuk album yang kami luncurkan ini,” ungkap Tubagus Dipta N atau yang akrab disapa Didit, produser sekaligus pendiri band tersebut.

Di album yang berjudul “Segi Empat” tersebut, ada beberapa lagu-lagu andalan, di antaranya berjudul Kini, Balasmu mencintaik, Mencoba untuk Tetap Setia (MUTS), Karna Tlah Ada Kamu dan Cinta Segi Empat. 

Band yang berdiri pada 20 April 2006 lalu itu, dalam merilis album ini mereka tidak mengubah versi original mixing mastering hasil produksi sampai 2008 lalu.

”Kami yang berasal dari Kota Semarang ini berharap bisa ikut meramaikan geliat industri kreatif di kota ini, terutama dalam hal karya musik original,” jelasnya.

Dengan konsep musik synth ambient dengan genre pop, Jikalo memulai rekaman lagu pertama yang berjudul Kini di sebuah studio rekaman di Yogyakarta pada 2006. Setelah merekam lagu pertama kemudian dilanjut dengan merekam lagu berikutnya bertempat di salah satu studio rekaman ternama di Kota Semarang yang diberi judul Aku.

Kemudian pada tahun 2007 Jikalo kembali merekam sejumlah lagu diantaranya Cewe Gokil, Kuingin, Teman, Segi Empat.  Dalam proses rekaman ke empat lagu tersebut dibuat tanpa latihan sama sekali.

“Begitu sampai di studio rekaman mereka langsung membuat guide lagu-lagu tersebut,” jelas Didit.

Tak puas hanya manggung di Kota Semarang, Jikalo memutuskan untuk mengadu peruntungan di Ibu Kota Jakarta pada 2008.

Pada awal tahun itu, Jikalo menambah personel baru pada posisi guitar player, Benedictus Prakasa Putra (Bened).

Di Jakarta, Jikalo sempat bertemu dengan beberapa produser rekaman besar (mayor label). Sayang, keinginan grup ini untuk melaunching lagu-lagunya kandas di tengah jalan, lantaran terbentur masalah teknis.

Selama mengarungi dunia musik, Jikalo sempat bongkar pasang personel. Agung Dorian yang menjadi vokalis Jikalo sempat digantikan beberapa personel, seperti Reza dan Armen. Namun, pergantiaan itu tidak berlangsung lama, karena Agung akhirnya kembali bergabung di Jikalo.

Kendati sempat vakum selama 13 tahun, namun kiprah Jikalo di dunia musik tidak pernah padam. Terbukti, kembalinya Jikalo di dunia hiburan ini mampu mengobati kerinduan para pecinta musik untuk menikmati alunan mereka.

Bahkan, lagu-lagu baru karya terbaru grup ini acapkali sering dilantunkan di gerai-gerai digital store music platform, seperti apple music, spotify, joox, deezer, youtube music, dan lain-lain.

Selamat datang kembali Jikalo, hiasi Kota Semarang Semarang lewat alunan musik dan lagu-lagu teranyarmu! (is)

Sharing:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *