Jateng Punya 7 Mall Pelayanan Publik, Ganjar: Jemput Bola Pelaku UKM

SALATIGA (Awal.id) – Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo bersama Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo meresmikan Mall Pelayanan Publik Kota Salatiga, Jumat (19/3).
Bagi Ganjar, ini kali ketujuh ia meresmikan tempat pelayanan publik terpadu di Jawa Tengah, setelah sebelumnya Banyumas, Batang, Kebumen, Jepara, Surakarta dan Pati.
Dalam kesempatan itu, Ganjar meminta seluruh daerah di Jawa Tengah membuat Mall Pelayanan Publik. Sebab menurutnya, langkah itu merupakan wujud nyata melayani masyarakat dengan murah, mudah dan cepat dalam semua hal, termasuk perizinan.
“Mall Pelayanan Publik merupakan wujud nyata mewujudkan reformasi birokrasi. Dengan cara ini, maka tujuan negara melayani masyarakat bisa terwujud,” kata Ganjar.
Tak hanya itu, Ganjar mendorong semua daerah meningkatkan aplikasi pelayanan publik pada masyarakat. Pandemi menurutnya menjadi momentum untuk mewujudkan itu.
“Karena pandemi, jadi ini momentum untuk meningkatkan pelayanan publik. Tidak perlu bertemu atau datang ke kantor, pengembangan aplikasi-aplikasi pelayanan publik harus terus didorong,” tegasnya.
Dalam hal perizinan, Ganjar meminta semua daerah proaktif jemput bola pelaku usaha kecil dan menengah (UKM). Sebab menurutnya, banyak pelaku UKM yang belum punya legalitas dan mereka tidak memahami cara pengurusan izin.
“Harus proaktif jemput bola. Izin-izin UKM harus didorong karena saat ini banyak masyarakat yang menggeluti bidang ini. Data kami saja, hingga November 2020 sampai Maret 2021, ada 4.515 UKM yang mengajukan izin. Tentu di luar itu masih banyak, sehingga ini harus terus didorong,” pungkasnya. (is)