Tingkatkan Literasi Masyarakat, Gedung Perpustakaan Jateng Diperluas

SEMARANG (Awall.id) – Pj Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana melakukan groundbreaking pembangunan perluasan gedung perpustakaan Provinsi Jawa Tengah, Selasa, 26 Maret 2024.

Gedung yang berada di Jalan Sriwijaya No.29a Kota Semarang ini memiliki tiga lantai, dengan total luas 3.000 m².

Nana menyampaikan, dengan pembangunan yang saat ini dilaksanakan, akan ada tambahan luasan 1.175 m². Pembangunan ini ditargetkan selesai pada September 2024.

Pembangunan gedung ini bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Perpustakaan Nasional dan APBD Provinsi Jawa Tengah tahun anggaran 2024. Total nilainya Rp4,599 miliar.

“Perpustakaan merupakan jendela dunia. Dari sinilah tempatnya untuk belajar, juga untuk mengembangkan ilmu pengetahuan, memantapkan dan menambah wawasan. Itulah kemudian kami perlu mengembangkan perpustakaan ini,” jelas Nana.

Dengan perluasan ini, kata Nana, koleksi buku yang dimiliki akan bisa lebih banyak. Saat ini Perpustakaan Jateng memiliki lebih dari 130.000 judul buku. Nantinya, ditargetkan bisa menambah koleksi 5.000 judul buku per tahun.

Perluasan ini juga seiring dengan banyaknya jumlah pengunjung. Pada 2023, ada 239 ribu lebih pengunjung offline dan 3 juta pengunjung online per tahun.

Nana berharap dengan pembangunan ini akan semakin menarik masyarakat untuk berkunjung ke perpustakaan Provinsi Jateng. Dengan begitu, literasinya pun akan semakin meningkat.

“Kita harapkan akan menjadi perpustakaan yang skalanya mungkin nanti bukan hanya lokal, tetapi bertaraf nasional,” ucapnya.

Sharing:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *