Suara PSI Tiba-tiba Melonjak di Situs Real Count, Ini Penjelasan KPU

Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Idham Holik
Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Idham Holik

JAKARTA (Awall.id) – Suara Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dalam beberapa hari terakhir mengalami lonjakan fantastis di situs real count, sehingga banyak yang menganggap janggal.

Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Idham Holik, merespons suara warganet yang menanggapi perubahan suara PSI yang melonjak drastis itu.

Menurutnya, hasil Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 yang akan disahkan oleh KPU berdasarkan rekapitulasi berjenjang, bukan data yang ditampilkan dalam situs real count KPU.

“Undang-Undang Pemilu menegaskan bahwa perolehan suara peserta pemilu yang disahkan oleh KPU itu berdasarkan rekapitulasi resmi yang dilakukan mulai dari PPK, KPU kabupaten/kota, KPU Provinsi, dan KPU RI, dan saat ini sedang berlangsung rekapitulasi berjenjang tersebut,” kata Idham di Kantor KPU RI, Jakarta, Sabtu (2/3/2024).

Menanggapi tanggapan warganet, Idham mengaku tidak memahami apa yang dimaksud dengan lonjakan suara PSI tersebut.

Ia juga tidak menjawab lugas ketika ditanya mengenai adanya anomali data antara fakta di lapangan dengan data yang tercantum dalam situs real count.

Idham justru bertanya balik kepada awak media dan menyebut bahwa pihaknya masih mengakurasi data-data yang diperoleh. “Informasinya yang lama saja bahwa itu sedang diakurasi,” kata dia.

Idham pun tidak mengetahui persis jumlah data yang sedang diakurasi karena ia tidak memegang data tersebut.

Seperti diberitakan beberapa media, perolehan suara PSI meroket hanya dalam waktu tiga hari berdasarkan hasil hitung suara manual atau real count KPU dari 29 Februari-2 Maret 2024.

Dalam rentang waktu tersebut, suara PSI bertambah dari 2.171.907 atau 2,86 persen pada Kamis (29/2/2024) pukul 10.00 WIB menjadi 2.402.268 atau 3,13 persen pada Sabtu (2/3/2024) pukul 15.00 WIB.

Dari data itu berarti suara PSI bertambah sebanyak 230.361 suara dalam kurun waktu tiga hari. Sementara, dalam kurun waktu yang sama, jumlah tempat pemungutan suara (TPS) yang hasilnya tercatat di situs real count KPU bertambah 2.240, dari 539.084 TPS menjadi 541.324 TPS.

Dengan demikian, dapat diasumsikan bahwa PSI memperoleh tambahan 203.361 suara dari 2.240 TPS.

Sharing:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *