Bupati Kendal Menyerahkan Bantuan Sembako Warga Dampak Banjir

KENDAL (Awall.id) – Bupati Kendal Dico M Ganinduto bersama Polres Kendal meninjau kondisi warga terdampak banjir di Wilayah Kecamatan Brangsong, Kamis (14/3/2024).

Turut hadir, Sekretaris Daerah Kabupaten Kendal, Ir Sugiono, M.T., Kepala BPBD Kendal, Ali Sutariyo beserta para kepala OPD terkait, dan pimpinan Baznas Kabupaten Kendal.

Bupati Kendal beserta rombongan meninjau jebolnya Kali Waridin yang menyebabkan banjir di wilayah Kecamatan Brangsong, kemudian meninjau kondisi rumah warga yang terdampak banjir sekaligus menyerahkan bantuan sembako.

Disampaikannya, banjir terjadi wilayah Kecamatan Brangsong ini persoalannya ada di Kali Waridin. Tahun lalu tanggulnya jebol dan sudah diperbaiki oleh Pemerintah Kabupaten Kendal, kemudian setelah diperbaiki dengan baik, tahun 2024 ini Pintu kelep tanggul hilang, sehingga kembali terjadi banjir.

“Pintu kelep ada yang lepas, sehingga hilangnya pintu kelep tanggul ini menyebabkan banjir, karena kebetulan cuaca ekstrim menyebabkan curah hujan tinggi sehingga sungai tidak mampu untuk menampung debit air,” kata Bupati Dico usai mengunjungi warga terdampak banjir.

Bupati Kendal mengatakan, cuaca ekstrim dipertengahan Maret 2024 ini tidak hanya terjadi di wilayah Kabupaten Kendal saja, namun juga terjadi hampir di Wilayah Jawa Tengah, seperti Kota Semarang, Pekalongan, dan daerah lainnya.

“Harapannya ke depan ada integrasi penanganan bencana di wilayah Jawa Tengah yang dipimpin oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, dan harus ada keseriusan dari Pemerintah Kabupaten/Kota dalam penanganan banjir,”ungkap Bupati Kendal.

Pemerintah Kabupaten Kendal siap lahir dan batin untuk menganggarkan dan memastikan penanganan banjir yang diberikan kepada Pemkab Kendal bisa teratasi 100 Persen. Hal tersebut bisa dilaksanakan jika nantinya ada rapat koordinasi oleh Pemprov Jateng terkait penanganan persoalan banjir.

“Prsoalan banjir di Kabupaten Kendal ini semakin tahun semakin berkurang, wilayah yang dulunya terdampak banjir di Kelurahan Bandengan sekarang sudah tidak, karena dengan adanya Program Kotaku persoalan banjir bisa lebih berkurang. Selain itu, di wilayah Brangsong banjir lebih rendah dibandingkan tahun-tahun sebelumnya,”tandas Bupati Dico.

Sementara itu, salah satu warga Desa Kebonadem yang terdampak banjir mengucapkan terima kasih kepada Bupati Kendal beserta rombongan yang telah berkunjung ke rumah-rumah warga sekaligus memberikan bantuan sembako.

“Terima kasih Pak Bupati Kendal sudah memberikan perhatian kepada warga dan memberikan bantuan,” kata Suniti warga RT. 01 RW.04 Desa Kebondalem.

Sharing:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *