Resmikan Gedung Baru, Binus University @Semarang Adopsi Teknologi Revolusi Industri 4.0

SEMARANG (Awall.id) – Binus University @Semarang meresmikan gedung baru di POJ Avenue Kav. 3 C, POJ City, tepatnya di Kawasan Pantai Marina pada Jum’at (2/2/2024).

Dengan hadirnya Binus University di Semarang tentunya menjadi satu-satunya role model dan pionir kampus yang mengadopsi Teknologi Revolusi Industri 4.0 di Kota Semarang.

Rektor Binus University Semarang, Dr. Nelly menjelaskan untuk mewujudkan Sumber Daya Manusia (SDM) unggul di Era Revolusi Industri 4.0, Kampus Binus Semarang telah berhasil menarik ratusan mahasiswa.

Bahkan ia menyebut bahwa Binus memberikan pendidikan berkelas dunia yang relevan dengan kebutuhan industri saat ini dan masa mendatang.

Vice President of Binus Higher Education, Prof. Dr. Ir. Harjanto Prabowo menambahkan bahwa mahasiswa Binus akan menjalani masa studi selama 2.5 tahun.

“Mereka kami siapkan untuk karier dini, baik di perusahaan global. Sebagai entrepreneur, di bidang riset, studi lanjut, pengembangan komunitas, hingga berkarier di luar negeri,” ujar Prof. Dr. Ir. Harjanto Prabowo dalam acara Beyond Boundaries: Industrial Revolution 4.0 Experience.

“Mahasiswa kami siapkan untuk berkarier lebih awal. Baik itu di perusahaan global atau sebagai entrepreneur, maupun di bidang riset, studi lanjut, pengembangan komunitas. Hingga berkarier di luar negeri,” jelasnya.

Dukungan sistem pembelajaran diperkuat oleh kampus baru Binus University Semarang, yang mengusung konsep Eco Green Technology Industry 4.0 Campus.

Fasilitas seperti Lab AR/VR, Lab Metaverse, dan Lab Content Creation mendukung pembelajaran yang terintegrasi dengan teknologi. Keunikan lainnya adalah Minor Program Metaverse for Business.

Sementara, Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) VI Bhimo Widyo Andoko mengungkapkan harapannya agar BINUS menjadi role model di bidang pendidikan di Jawa Tengah.

Saat ini, kita harus dapat bersinergi dan bekerjasama untuk dapat menghasilkan SDM yang unggul. Harapannya Binus dapat menjadi role model di bidang pendidikan di Jawa Tengah, khususnya di kota Semarang,” ungkap Kepala LLDIKTI VI Bhimo Widyo Andoko, S.H., M.H.

Kemudian Dr. Ir. Boto Simatupang, MBP, selaku Binus Semarang Campus Director, menegaskan komitmen untuk memperkuat komunitas urban di Semarang yang inovatif, handal dalam pemanfaatan teknologi, dan tetap memiliki kepekaan sosial.

“Kita akan memperkuat komunitas urban di Semarang, komunitas yang inovatif, handal dalam pemanfaatan teknologi, namun tetap memiliki kepekaan sosial dan semangat berdampak bagi masyarakat,” ungkapnya.

Terdapat program studi seperti Computer Science, Information Systems, Industrial Engineering, Visual Communication Design, dan Digital Business yang terintegrasi dengan Teknologi Revolusi Industri 4.0.

Mahasiswa juga mendapatkan pengalaman multi-campus, memungkinkan mereka kuliah di kampus Binus di kota lain.

Melalui Enrichment Program, Kampus Binus Semarang mendorong percepatan penyerapan SDM berkualitas. Siap berkarya, dan memberikan manfaat di era penuh tantangan ini.

Pengalaman Era Revolusi Industri 4.0 terwujud dalam gelaran IDEX (Industry Revolution Experience). Yang berlangsung hingga 3 Februari 2024 di Kampus Binus University Semarang.

Sharing:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *