Malam Tahun Baru, Pelanggan KA Dihimbau Datang Lebih Awal

SEMARANG (Awall.id) – Pergantian malam tahun baru 2024 yang berada di beberapa pusat kota wilayah Daop 4 Semarang diperkirakan akan terjadi kepadatan lalu lintas dan penutupan akses jalan pada beberapa titik.

Manager Humas KAI Daop 4 Semarang, Franoto Wibowo menghimbau kepada seluruh pelanggan KA yang berangkat tanggal 31 Desember 2023 terutama pada sore sampai dengan malam hari diharapkan untuk datang lebih awal.

Hal tersebut dilakukan sebagai upaya antisipasi agar seluruh pelanggan KA tidak tertinggal kereta, akibat meningkatnya kepadatan di sejumlah arus menuju stasiun.

Para pelanggan KA agar benar-benar memperhatikan waktu keberangkatan keretanya. “Apabila datang terlambat dari jam keberangkatan kereta api, tentunya ini akan merugikan para penumpang sendiri. Apabila penumpang tertinggal, maka tiket dianggap hangus,” jelasnya.

Stasiun di wilayah Daop 4 Semarang berada di kawasan dengan arus lalu lintas cukup padat saat malam pergantian tahun baru, diantaranya Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng, Stasiun Semarang Poncol, Stasiun Tegal, Stasiun Pekalongan, Stasiun Cepu, Stasiun Pemalang dan Stasiun Ngrombo.

Dimungkinkan arus menuju di 7 stasiun tersebut akan ada kepadatan lalu lintas, bahkan dimungkinkan diberlakukan kebijakan buka tutup lalu lintas secara situasional. “Kami menghimbau kepada seluruh pengguna jasa kereta api untuk dapat datang lebih awal ke stasiun. Lebih baik untuk berangkat ke stasiun lebih awal supaya tidak tertinggal kereta,” jelas Franoto.

Hingga hari ini, jumlah penumpang yang naik di wilayah Daop 4 Semarang, tercatat masih tinggi. Dimana untuk keberangkatan KA tanggal 31 Desember 2023 untuk penumpang naik di wilayah Daop 4 Semarang sebanyak 17.646 penumpang. Sedangkan untuk tanggal 1 Januari diperkirakan ada sebanyak lebih dari 28 ribu penumpang.

Selama periode Libur Nataru ini, pada keberangkatan KA tanggal 1 s.d 7 Januari 2024, tempat duduk yang disediakan masih tersedia sekitar 32 ribu.
Atau sekitar 10% dari total yang disediakan selama angkutan liburan Nataru 2023/24.

KAI mengajak masyarakat untuk dapat segera melakukan pemesanan tiket kereta api karena jumlah tiket masih banyak tersedia. Pembelian tiket juga cukup mudah bisa melalui aplikasi Access by KAI, web KAI, serta berbagai channel resmi penjualan tiket KAI lainnya.

“KAI tetap mengimbau kepada seluruh pelanggan agar memakai masker dan menjaga kebersihan dengan cara rutin mencuci tangan untuk menjaga diri dari virus-virus yang berpotensi menjangkit seperti Covid-19,” tutup Franoto.

Sharing:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *