Sekda Jateng : Alumni Pelatihan Kepemimpinan Nasional Harus Terapkan Proyek Perubahan

SEMARANG (Awall.id) – Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah, Sumarno meminta seluruh alumni peserta Pelatihan Kepemimpinan Nasional ( Latpimnas) Tingkat II Angkatan XXIV 2023 mampu menerapkan proyek perubahan di lingkungan kerjannya masing-masing.

“Kami sangat berharap alumni dari Pelatihan Kepemimpinan Nasional Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDMD) Jateng ini bisa memberi warna di tempat kerja mereka masing-masing,” kata Sumarno saat acara penutupan Latpimnas Tingkat II Angkatan XXIV 2023 di Gedung BPSDMD Provinsi Jateng, Selasa, 14 November 2023.

Sumarno mendorong agar para peserta selalu meningkatkan kompetensi dan menjaga integritas. Sebab, membangun integritas harus dimulai dari pemimpin, karena pemimpin menjadi contoh dan menjadi pengendali.

“Jika pemimpin tidak berintegritas tentu tidak mampu untuk mengendalikan, tidak berani menegur bawahan, juga tidak berani menyampaikan hal yang tidak sesuai karena bawahannya bekerja mengikuti perintah pimpinan. Jadi betapa pentingnya pemimpin berintegritas,” ujar Sumarno.

Dalam Latpimnas XXIV ini, diikuti oleh 60 peserta, mereka berasal dari berbagai Organisasi Perangkat Daerah di tingkat provinsi dan kabupaten/kota, dan kementerian.

Para peserta tidak hanya mengikuti pendidikan dan pelatihan, namun juga membuat berbagai proyek perubahan yang dapat diimplementasikan di lingkungan kerjanya masing-masing.

“Proyek perubahan yang mereka buat terkait dengan tugas pokok para peserta di tempat kerjanya masing-masing. Sehingga inovasi yang mereka buat dapat mengekselerasi untuk pencapaian target kinerja. Saya berharap proyek-proyek perubahan yang dibuat peserta dapat diimplementasikan,” imbuh Sumarno.

Dalam kesempatan itu, Sekda Jateng bersama Deputi Bidang Penyelenggaan Pengembangan Kompetensi LAN, Basseng menyerahkan piagam penghargaan kepada peserta terbaik Latpimnas Tingkat II Angkatan XXIV.

Adapun lima peserta terbaik itu empat diantarannya berasal dari Jawa Tengah, Yakni Endi Faiz Efendi dari Biro Administrasi Pembangunan Setda Jateng, Slamet Wahyono dari Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah Kota Tegal, Stepanus Aan Isa dari Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Purworejo, serta Sukamto dari Dinas Komunikasi dan Informatika Kebumen.

Sedangkan satu peserta terbaik lainnya adalah Mukhamad Mukhanif dari Badan Pusat Statistik Kabupaten Gorontalo.

Sharing:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *