Presiden akan Lantik Jenderal Agus Subiyanto sebagai Panglima TNI, Rabu Besok

Calon Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto bersama Ketua DPR RI Puan Maharani
Calon Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto bersama Ketua DPR RI Puan Maharani

JAKARTA (Awall.id) – Sidang Paripurna DPR RI resmi mengesahkan Jenderal Agus Subiyanto sebagai Panglima TNI menggantikan Laksamana Yudo Margono yang segera memasuki masa pensiun.

Sidang Paripurna yang dipimpin Ketua DPR RI Puan Maharani berlangsung di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (21/11/2023).

Usai sidang, Puan mengungkapkan bahwa kemungkinan Jenderal TNI Agus Subiyanto akan dilantik oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) sebagai Panglima TNI pada Rabu (22/11/2023) besok.

“Atas nama Jenderal TNI Agus Subiyanto yang insya Allah akan dilantik pada esok hari, di mana, dan jam berapa, silakan tanyakan kepada presiden,” kata Puan dalam konferensi pers di Gedung DPR, Senayan, Jakarta.

Puan menambahkan, tugas DPR untuk menyeleksi calon Panglima TNI sudah selesai. Begitu pula, tugas memberhentikan Panglima TNI Laksamana Yudo Margono sudah diselesaikan. Proses selanjutnya akan diserahkan kepada Presiden Jokowi untuk melantik Agus Subiyanto sebagai Panglima TNI.

“Dan artinya insya Allah kita akan segera memiliki panglima TNI yang baru, untuk bekerja semoga bisa bekerja secara baik dan amanah,” ujar Puan Maharani.

Puan juga mengingatkan soal netralitas TNI yang kini menjadi tugas bagi Agus Subiyanto setelah nanti resmi dilantik sebagai Panglima TNI. Ia berharap, netralitas TNI tersebut mampu diwujudukan dalam pemilihan umum (Pemilu) 2024.

“Tidak ada terjadi friksi-friksi atau memecah belah persatuan. Jadi, kami meminta, mengharapkan serta mengimbau kita menjalankan pemilu ini sebagai pesta, namanya pesta demokrasi ya harusnya berjalan secara damai dan gembira,” kata Puan yang juga menjabat Ketua DPP PDIP.

Sharing:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *